Ramadhan 1442 H, Masjid Raya Mujahidin Laksanakan Shalat Tarawih Berjemaah

KBRN, Pontianak: Tidak seperti dua tahun sebelumnya, Masjid Raya Mujahidin Pontianak tahun ini melaksanakan Shalat Taraweh Berjemaah meski ditengah Pandemi Covid 19, dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat. Sebelumnya pada tahun 2020 lalu, pihak Yayasan Mujahidin tidak membuka masjid di Bulan Suci Ramadhan, karena Virus Corona masih berkembang.

“Berdasarkan rekomendasi yang di peroleh bahwa kami pada Ramadhan tahun ini, diperbolehkan melaksanakan Ibadah Shalat Taraweh Berjemaah, namun tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan pola 3 M mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak, demi mencegah penularan virus corona,”ungkap Direktur Eksekutif Yayasan Mujahidin Pontianak Joni Abu Senin (12/04/2021).

Joni mengatakan, pihaknya akan menyiagakan petugas untuk melakukan pengecekan suhu tubuh dan mengatur shaf bagi jemaah pria dan wanita.

“Meski jemaah yang datang itu sudah bersih,  kan sudah berwudhu, tapi kami tetap minta mereka untuk mencuci tangan nanti ada petugas kami mengatur shaf pria dan wanita kita mohon jaraknya diatur,”jelasnya.

Joni Abu menuturkan, terkait daya tampung masjid pada saat pelaksanaan Ibadah Shalat Taraweh Berjemaah kali ini diperkirakan cukup menampung separuh dari total kapasitas masjid sekitar 5000 jemaah saja. Jika dibandingkan dalam kondisi normal diluar pandemi, total daya tampung mencapai 10 ribu jemaah.

Sedangkan, terkait kegiatan I’tikaf 10 hari Ramadhan, Joni belum membahas secara detil, namun jika dilaksanakan tetap menerapkan prokes dan kapasitas akan dikurangi.

“Yang jelas belum dibahas detil, apakah dilaksanakan atau tidak. Kalaupun dilaksanakan ya kami akan kurangi kapasitasnya,”pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00