Besok Kemenag Kalbar Dan BPAA LAPAN Pontianak Akan Amati Hilal 1 Ramadhan 1442 H

KBRN, Pontianak: Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kemenag) Propinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan Badan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BPAA) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Pontianak Senin (12/04/2021) besok akan melaksanakan pengamatan Rukyatul Hilal untuk menentukan jatuhnya awal 1 Ramadhan 1442 H/2021M.

Pelaksanaan pengamatan akan dipusatkan di Gedung Hisab Rukyat, Pantai Indah Sungai Kakap, Kabupaten Kuburaya.

Koordinator BPAA LAPAN Pontianak Wisnu Kuncoro mengungkapkan, mulai besok hampir seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke melaksanakan pengamatan Rukyatul Hilal awal Ramadhan 1442 Hijriah. Wisnu mengatakan, dalam pelaksanaan pengamatan hilal itu, pihaknya telah menyiapkan satu unit teleskop di lokasi amatan.

“Untuk estimasi atau perkiraan waktu pengamatan Hilal di Papua pada Pukul 17.37 WIT dengan ketinggian pengamatan 26 derajat, Sabang Aceh 18.46 WIB dengan estimasi ketinggian 3,6 derajat dan pelaksanaan pengamatan di Sungai Kakap Kuburaya dengan estimasi hilal 17.47 WIB dengan ketinggian 3,1 derajat. Kami juga tempatkan satu unit teleskop dilokasi amatan,” ungkapnya Minggu (11/04/2021).

Wisnu menambahkan, selain Sungai Kakap yang dijadikan lokasi pengamatan rukyatul hilal tersebut, pihaknya juga menggelar pengamatan yang sama, yakni berlokasi di Rindu Alam, Kota Singkawang, bekerjasama dengan Kemenag Kota Singkawang.

“Satu unit teleskop juga di tempatkan di lokasi itu yang disambungkan secara online atau live streaming ke Sungai Kakap sebagai lokasi utama sebagai pembanding data pengamatan di Kakap,”imbuhnya.

Sementara itu, Kasi Kemajidan, Hisab Rukyat dan Bina Syariah Kanwil Kemenag Propinsi Kalbar Jemaat memaparkan, estimasi penghitungan penentuan awal 1 Ramadhan 1442 H/2021 M di Pantai Indah Kakap menurut Sistem Al-Manak Ephemeris yakni Tinggi Hilal Hakiki yakni 3 derajat 55 menit 23,05 detik. Kendati demikian, untuk menentukan jatuhnya awal 1 Ramadhan 1442 H, menjadi kewenangan Kementrian Agama RI.

“Hasil perkiraan perhitungan sudah kami kirimkan ke Jakarta. Tapi, yang menentukan 1 Ramadhan nanti adalah Menteri Agama RI pada Sidang Istbat,”jelasnya.

Sementara itu, hasil pengamatan Rukyatul Hilal untuk menentukan awal 1 Ramadhan 1442 H/2021 M di 86 lokasi amatan dari 34 provinsi di Indonesia termasuk di Pantai Indah Kakap selanjutnya akan dilaporkan kepada Kanwil Kemenag Propinsi Kalbar dan diteruskan ke Kemenag Pusat. Pada kesempatannya, Menteri Agama bersama-sama  akan melaksanakan Sidang Itsbat yang direncanakan akan dilaksanakan secara daring dan luring.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00