Dampak Gadget, Mendekatkan yang Jauh Menjauhkan yang Dekat

KBRN, Pontianak : Gadget Alat yang sudah tidak asing lagi ditelinga. Dari anak kecil sampai orang tuapun mempunyainya. Mulaj merk gadget yang murah sampai merk gadget yang paling mahal pun ada. Gadget juga merupakan media yang mudah dibawa kemana-mana dan gadget juga media yang sangat mudah digunakan untuk mencari informasi, karena terhubung langsung dengan dunia luar melalui jejaring internet. 

Pada zaman yang semakin modern ini, kita pun semakin dipermudah dalam segalanya. Tapi apakah kita justru yang akan dikuasai oleh gadget? 

Dengan adanya penggunaan gadget, cepat atau lambat kita akan dikuasai oleh gadget itu sendiri.

Bagaimana tidak, orang akan lebih suka bermain gadget daripada bersosialisasi. Buktinya, di kampus saya hampir semua mahasiswa pengguna gadget, jika sedang nunggu dosen atau nongkrong, maka mereka bukannya ngobrol atau berinteraksi, namun justru semuanya malah asyik dengan gadget masing-masing. Ada yang chattingan, cek IG FB, ada juga yang asyik bermain game, dan bahkan ada yang hanya sekedar mendengarkan musik. 

Mereka tidak sadar bahwa menggunakan gadget sudah mempengaruhi orang menjadi kurang bersosialisasi.

Hal ini membuat orang menjadi lebih tertutup, biasanya orang kalau lagi ada masalah curhatnya ke teman atau saudara tapi pada zaman sekarang udah beda bukan ke orang lagi tapi ke media social.

Sebenarnya banyak sekali dampak negative bermain gadget. Apa saja?

Pertama, merusak penglihatan. Sejumlah penelitian menyebutkan, terlalu lama melihat layar HP akan membuat mata pedih, bahkan dalam jangka panjang bisa menyebabkan mata minus, sehingga kita akan menggunakan kacamata untuk membantu penglihatan. 

Kedua, resiko radiasi. Radiasi pada ponsel ternyata berdampak pada kesehatan. Misalnya saja membuat resiko sulit tidur di malam hari dan sakit kepala. Sebaiknya kurangi penggunaan gadget untuk mengurangi adanya radiasi. Penyebab ketiga kecanduan,                                          orang akan merasa kecanduan karena terbiasa mengecek pesan, media social, atau pun bermain game sehingga tanpa sadar terus menggunakan gadget. Ke empat insomnia, atau sukit tidur, karena terlalu asyik menggunakan gadget mulai dari chattingan, media social, sampai bermain game hingga lupa waktu.

Meskipun gadget berdampak negative tetapi gadget juga mempunyai dampak positifnya. Misalnya kita mendapat informasi terbaru dari dalam dan luar negeri. Dari media sosial kita dapat menambah teman baru bahkan teman lama yang sudah tidak pernah bertemu. Meskipun semua ada dampak negative dan positifnya, kita sebagai mahluk sosial yang sewajarnya harus bersosialisasi terhadap sesame manusia dan seharusnya kita tidak dikuasai oleh gadget yang membuat sosialisasi terhadap sesama manusia berkurang bahkan sampai tidak ada. Kita harusnya menggunakan gadget seperlunya saja dan harus tahu waktu saat menggunakan gadget, juga harus tahu tempat misalnya sedang berada ditengah masyarakat, teman, bahkan keluarga sebaiknya jangan memainkan gadget terlebih dahulu. Karena sosialisasi terhadap sesama manusia lebih penting daripada hanya sekedar bermain gadget.

Ditulis Oleh : Felix Adhitya Dwiyan

NIM : E1012191048

Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 

Prodi : Ilmu Administrasi Publik

Universitas Tanjungpura. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00