Basket 3X3 Kalbar Target 3 Besar PON XX

KBRN, Pontianak : Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua diundur tahun 2021, namun tidak ada salahnya sejumlah cabang olahraga sudah mematok target medali multi ivent tersebut.

Satu diantaranya cabang olahraga basket putri 3X3 Kalimantan Barat yang mematok target 3 besar PON XX. Target ini bukan tanpa alasan, karena berangkat dari hasil PraPON 2019 silam, Kalbar sukses tembus 7 besar nasional yang menjadi kuota tiket lolos PON XX setelah menundukkan tim tangguh Jawa Timur.

Wakil Sekretaris Perbasi Kalbar Ongky Lesmana melihat ukuran kualitas tim basket 3x3 nasional hanya berdasarkan hasil Prapon 2019, pasalnya cabang olahraga basket 3X3 khususnya putri belum pernah melaksanakan kejuaraan nasional (kejurnas).

Ongky mengetahui di daerah pulau Jawa misalnya Jakarta dan Surabaya, basket 3X3 rutin digelar pertandingan, sama dengan halnya Kalimantan Barat yang beberapa waktu terakhir juga rutin menggelar kejuaraan tersebut untuk mendongkrak kualitas atlet.

“3X3 ini belum ada Kejurnas dan tingkat nasional, baru Prapon dan PON, jadi kita sebenarnya belum tahu tingkat prestasinya itu dilihat dari mana, yang rutin gelar Kejuaraan itu Jakarta dan Surabaya, kita juga mencoba gelar, club, komunitas bahkan mahasiswa” katanya.

Sementara itu Pelatih Basket 3X3 Putri Kalbar Yenny Simorangkir optimis dengan kualitas atlet Kalbar meski dari sisi postur tubuh tidak terlalu menunjang karena basket yang paling utama memiliki postur tubuh ideal. Namun tim pelatih punya strategi khusus dengan keterbatasan postur tubuh atlet Kalbar, yakni dengan mengoptimalkan teknik lemparan (Shooter), selain itu kerja sama dengan perjuangan tanpa kenal Lelah menjadi kunci utama keberhasilan Kalbar.

“kami optimalkan shooter dan kecepatan atlet, ini yang menjadi kelebihan atlet Kalbar” ujarnya.

Disituasi Covid 19 saat ini Yenny memastikan kemampuan bermain basket atletnya masih cukup baik, karena Latihan di rumah masing-masing atlet tetap mengoptimalkan cara bermain basket mulai dari passing dan drible. Untuk fisik sejauh ini diakui Yenny atletnya kosisten melakukan skipping dalam menjaga kebugaran tubuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00