Hari Ini CFD Mulai di Buka Lagi, Warga Sambut Antusias

KBRN, Pontianak: Sejak dua tahun ditiadakan akibat Pandemi Covid 19, Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan (HBKB) digelar kembali Minggu (03/07/2022) har ini. Dimana, kegiatan berlangsung selama tiga jam mulai Jam 06.00 WIB hingga 09.00 WIB pagi. 

Seperti diketahui sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo telah mengumumkan kebijakan baru seputar penggunaan masker beberapa waktu lalu.

Masyarakat Kota Pontianak pun menyambut antusias dibukanya kembali kegiatan CFD tersebut, sebagai wadah masyarakat untuk melaksanakan aktifitas olahraga dan lainnya. Seperti yang diungkapkan Alisa Nurlian warga Gg. Sawo Jalan Tebu Kecamatan Pontianak Barat ini misalnya.

"Sangat mendukung dan saya antusias terhadap CFD yang kembali dibuka untuk masyarakat. Karena masyarakat sudah sangat rindu dan saya ingin datang langsung untuk melihat seperti apa antusias masyarakat di CFD," ujarnya, Sabtu (02/07/2022).

Kedepan, Lisa berharap kegiatan CFD ini bisa terus berlangsung setiap hari Minggu, sehingga masyarakat bisa menikmati waktu berolahraga dan sebagainya. 

Tidak hanya itu, dirinya menyarankan agar di area CFD baiknya disediakan tempat atau lokasi khusus seperti Senam Jantung Sehat bagi warga lanjut usia, bahkan jika memungkinkan ada acara hiburan seperti untuk menghibur saat berolahraga.

"Kalau situasi semakin baik, bisa diteruskan CFDnya. Kalau bisa ada, di siapkan spot-spot khusus senam jantung sehat untuk lansia. Dan jika perlu ada hiburan untuk menghibur masyarakat,"harapnya.

Terkait kegiatan CFD tersebut, Direktorat Lalu Lintas Polda Kalbar menyiapkan sejumlah pengalihan arus lalu lintas di beberapa kawasan dilangsungkannya CFD.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan mengatakan, jajaran Direktorat Lalu Lintas telah menyiapkan sejumlah pengalihan arus lalu lintas.

Pengalihan arus lalu lintas ini dilakukan pertama kali di titik CFD berlangsung, yaitu di Bundaran Untan menuju Simpang pajak akan dilakukan pengalihan arus.

"CFD dalam bahasa Indonesia ”hari bebas kendaraan bermotor” yang bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor," jelasnya.

Menurutnya, teknis pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor terbatas di Pontianak nantinya hanya bisa diikuti oleh masyarakat untuk berolahraga. Sehingga tidak boleh ada aktivitas lain selain olahraga di area CFD.(*)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar