Komunitas Sepeda Pontianak Anjangsana Ke Ketapang

KBRN, Pontianak: Sebanyak 25 orang pengurus dan anggota klub sepeda Inti Bumi Cycling (IBC) dari Kota Pontianak bersilaturahmi ke Wakil Bupati Ketapang, H.Farhan SE, M.Si. Kunjungan klub IBC diterima H.Farhan SE, M.Si di rumah dinas jabatan Wakil Bupati Ketapang, Sabtu (12/6/21) pukul 19.00 WIB.

Menurut keterangan Yefrizal, SE, Pengurus IBC (Komiser Nasional) bahwa kedatangan mereka ke Ketapang  dalam rangka Tour The Kayong Ketapang kurang lebih 250 km. Salah satu tour ini tujuannya untuk memasyarakatkan dan memajukan minat serta kegemaran masyarakat dalam bersepeda. 

“Sekaligus juga ingin mempromosikan daerah Ketapang,” terang Yefrizal.

Ia menerangkan touring sepeda seperti ini merupakan kegiatan yang kesekian kalinya mereka lakukan di beberapa daerah, diantaranya, Sambas, Sanggau, Mempawah, Singkawang, dan bahkan sampai ke negara Malaysia (Kuching). 

Klub IBC ini juga konsen dalam melakukan pembinaan dan pembibitan terhadap pembalap sepeda muda dan diantaranya telah memiliki prestasi yang membanggakan.

Dalam kunjungan silaturahmi dan ramah tamah dengan Wakil Bupati Ketapang, komunitas Sepeda IBC di pimpin oleh Ir. H. Syawal Bondoreso selaku Penasehat IBC.  

Turut mendampingi Wakil Bupati Ketapang Edy Radiansyah SH, MH, selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ketapang beserta jajaranya, serta Ketua KONI Ketapang bersama pengurus lainnya.

Wakil Bupati H. Farhan, SE.,M.Si menyambut baik dan mengapresiasi giat Gowes atau Touring yang di gagas oleh komunitas IBC. Menurut Farhan, kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan pondasi untuk terhindarnya dari berbagai macam penyakit.

Apalagi di tengah pandemic Covid-19 seperti sekarang  perlu gaya hidup sehat.  Olahraga teratur menjadi cara masyarakat guna menjaga kesehatan, kebugaran dan daya tahan.

Tentu saja, salah satu kegiatan olahraga yang disukai masyarakat dan trend atau lifestyle saat ini adalah bersepeda.

Pemerintah Kabupaten Ketapang sangat konsen dan menaruh perhatian yang cukup besar terhadap peningkatan kesehatan masyarakat. Hal ini sejalan dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang yang selanjutnya dijabarkan dalam 5 langkah strategis berupa “Panca Karya”, yaitu Ketapang Sehat, Ketapang Cerdas, Ketapang Nyaman, Ketapang Peduli dan Ketapang sejahtera. 

“Salah satu tujuan dari Ketapang Sehat adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Ketapang,”ungkap Farhan.

Melalui kegiatan ini, Ia juga berharap seluruh peserta touring tidak hanya sekedar mempromosikan gaya hidup sehat. Namun juga dapat mempromosikan daerah Kabupaten Ketapang kepada teman-teman atau komunitas olahraga lainnya. Baik yang berada di dalam maupun luar Kalbar. Sehingga nantinya Kabupaten Ketapang termasuk salah satu daerah atau destinasi yang menarik untuk dikunjungi para wisatawan.

Menurut Farhan, Ketapang tidak hanya menarik dari segi pesona alamnya yang eksotis, seperti pantai atau hutan. Namun juga memiliki wisata budaya dan religi yang cukup dikenal yaitu Keraton dan makam Raja-Raja Kerajaan Tanjungpura serta wisata kulinernya yang menarik. Kegiatan ini diharapkan sebagai momentum untuk menumbuhkembangkan wisata olahraga (sport tourism).

Melalui sport tourism, yaitu berolahraga sekaligus berwisata, dapat menarik orang untuk mengunjungi Ketapang dalam kemasan olahraga. Salah satunya menjelajahi tempat-tempat menarik dengan bersepeda. 

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Ketapang juga sedang konsen melaksanakan beberapa pembangunan dan peningkatan infrastruktur dibeberapa ruas-ruas jalan dan jembatan serta fasilitas umum lainnya, guna menunjang dan memudahkan aksesibilitas orang dan barang,”terang Farhan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00