Putera Terbaik Kalbar Telah Berpulang, Semua Kalangan Kehilangan

KBRN, Pontianak: Dihadapan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji dan keluarga Almarhum Viryan Bin Abdul Azis, keluarga dan kerabat serta jajaran Pemerintah Provinsi Kalbar, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari tidak kuasa menahan haru mengenang almarhum semasa menjabat sebagai Anggota KPU RI Periode 2017-2022, sesaat melepas Jenazah untuk disholatkan di Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Sabtu (21/05/2022) di Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

Hasyim Asy’ari juga menyampaikan belasungkawa yang sangat mendalam kepada keluarga yang ditinggalkan, karena telah kehilangan sosok almarhum yang dikenal pekerja keras, gigih, dan bekerja dengan tuntas itu.

“Mari semua pihak untuk bersama-sama mendoakan almarhum atas apa yang dilakukan selama hidup sebagai Anggota KPU RI menjadi amal ibadah dan jariyah dalam pengembangan demokrasi Indonesia. Terima kasih gubernur, atas penghormatan kepada Almarhum mas Viryan Azis, kami bersyukur kepulangan Mas Viryan diberikan penghormatan luar biasa,” ujarnya bergetar.

Ditempat yang sama, Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji, menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya mantan Komisioner KPU RI Viryan Azis. Sutarmidji mengaku mengenal sosok Viryan Azis sudah lebih dari 25 tahun yang lalu.

Apalagi, sepanjang interaksinya dengan Ketua Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Pontianak periode 2000-2022 itu, tak pernah sekalipun Viryan Azis membicarakan keburukan orang lain.

“Sepanjang interaksi saya dengan beliau, tak pernah beliau membicarakan suatu hal yang tidak baik tentang seseorang. Saya berani bersaksi,” kata Sutarmidji.

Sutarmidji juga menyebut sosok Viryan Azis merupakan putra terbaik Kalbar yang berkiprah di kancah nasional sehingga dapat memberikan motivasi bagi generasi muda Kalbar.

“Sehingga sangat pantas bagi kita sebagai warga Kalbar menghormati dedikasi beliau, yang sudah beliau diberikan kepada negara dan bangsa,” pungkas Sutarmidji.

Senada diungkapkan Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar Ruhermansyah saat mengenang almarhum sebagai sosok yang professional dan detail dalam bekerja, komunikatif dan senang berbagi ilmu dan pengalaman.

“Saya lihat beliau bisa sampe ke nasional adalah sifat professional beliau sangat baik,  menguasai tugasnya, teknis. Beliau tidak ragu atau ada halangan dengan lapang hati untuk edukasi masyarakat,” kenangnya.

Sebagai mitra yang bekerja mengawasi jalannya Pemilu di daerah, jajaran Bawaslu Provinsi Kalbar tambah Heru, sangat kehilangan putera daerah terbaik Kalbar itu, sosok almarhum juga dikenal penyantun dan setia kawan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar