Tenggelamnya KRI Nanggala 402, Bagian Dari Peringatan Hari Dharma Samudera

KBRN, Pontianak : Mengenang kisah heroik pertempuran di laut Aru, dimana KRI Macan Tutul Tenggelam akibat serangan kapal perang Belanda yang kebetulan di atas KRI itu komandannya adalah Komodor Yos Soedarso. Kisah tersebut kemudian mengilhami hingga kekiniannya sekarang ini, bahkan sampai tahun lalu peringatan Hari Dharma Samudera hanya dimaknai sebagai Peringatan Pertempuran laut Aru. Bahkan Sampai tahun lalu masih ada beberapa ahli waris yang hidup dan setiap tahun diberikan santunan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dalam setiap acara Hari Dharma Samudera.

“Sebagaimana sambutan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono saat Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera 15 Januari 2022 yang dipusatkan di Selat Madura yang dibacakan Komandan Lantamal XII Pontianak Brigadir Jenderal TNI (Mar) Andi Rukman di Dermaga Satuan Kapal Patroli Lantamal XII menyampaikan bahwa Hari Dharma samudera ini tidak hanya dimaknai memperingati pertempuran Laut Aru, tetapi juga memaknai dari sejarah berbagai pertempuran laut seperti di selat Bali yang dipimpin Kapten Markadi dan di Cirebon terkait berkembangnya atau awal sejarahnya Marinir/ KKO Cirebon,”jelas Aspers Lantamal XII Pontianak, Kolonel Laut (P) Handaka Wijaya kepada RRI, di Pontianak, Sabtu (15/1/2022).

Kolonel Laut (P) Handaka Wijaya menambahkan, pertempuran laut di Sibolga dan banyak lagi pertempuran laut lainnya serta yang terbaru Hari Dharma Samudera dimaknai juga memperingati tenggelam dan gugurnya 53 personil KRI Naggala 402 yang konteks sedang latihan.

“Oleh karenanya bertepatan Hari Dharma Samudera ini telah dilaksanakan peresmian Monumen KRI Nanggala di Sidoarjo Jawa Timur, kemudian ada perumahan KRI Nanggal aoleh bapak Kasal dan atas bantuan beberapa pihak, para donatur, para ahli waris dan para pelaku ABK KRI Nanggala diberikan penghargaan berupa Monumen dan perumahan bagi ahli warisnya,” ujar Kolonel Laut (P) Handaka Wijaya.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, makna peringatan Hari Dharma Samudera bagi generasi muda sekarang dan para purnawirawan pada intinya bahwa kita memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada pelaku dan saksi sejarah maupun para pelaku di dalamnya terlibat dari peristiwa tersebut, baik langsung maupun tidak langsung.

Kolonel Laut (P) Handaka Wijaya menuturkan, Haris Dhgarma Samudera ini juga akan diangkat dalam Dialog Lintas Pontianak Pagi Senin, 17 Januari 2022 yang akan dihadiri  Wakil Komandan (Wadan Lantamal XII Pontianak Kolonel Laut (P) Suhendro, S. AP., M. Si (Han) serta dua pelaku sejarah, yaitu Kopka (Pur)  Sutarman dan Serma (Pur) Mattalin.

Menurutnya Kopka Sutarman ketika itu ikut di Kapal baru RI Iskandar Muda dari Rusia dan Serma (Pur) Mattalin merupakan sosok prajurit yang waktu itu sempat ketemu dengan  Sersan Dua Korps Komando (KKO) yang saat Ini bernama Korps Marinir TNI AL Usman dan Kopral Satu KKO Harun yang waktu itu sebelum melakukan Infiltrasi ke Singapure sempat mampir ke Kapalnya untuk diberangkatkan ke daerah Operasi, yaitu dengan Kapal RI Mega Mendung yang masuk divisi Gabut Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) tahun 1963 waktu peristiwa Dwikora.

“Yang jelas Maknanya bagi generasi muda yaitu sifat dan sikap Kepahlawanan heroisme pada masa itu bagi masa sekarang itu ya kita wujudkan dalam bentuk-bentuk yang sifatnya lebih kearah ke Operasi Militer Selain peranga (OMSP), diantaranya sepertio Karya Bhakti, Vaksinasi dan lain-lain dan harapan kami juga dengan mengembangkan kesadaran bela negara melaluim partisipasi yang mungkin ada yang berminat untuk masuk ke TNI Angkatan laut juga bagian di dalamnya,”ujar Kolonel Laut (P) Handaka Wijaya.

Upacara Peringatan Hari Dharma Samudera di jajaran Lantamal XII dipimpin langsung Komandan Lantamal XII Pontianak Brigadir Jenderal TNI (Mar) Andi Rukman di di Dermaga Satuan Kapal Patroli Lantamal XII  Jl. Komyos Sudarso No 1 Kota Pontianak. Pada momen tersebut juga dirangkai dengan Pelarungan Karangan Bunga yang dilaksanakan di Alur Pelayaran Sungai Kapuas Kota Pontianak menggunakan Kal Lemukutan I-12-15.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar