Akhiri Kunjungan Kerja Di Sintang, Wagub Lepas Keberangkatan Presiden

KBRN, Pontianak: Setelah melakukan kunjungan kerja dan melaksanakan beberapa agenda kegiatan di Kabupaten Sintang, Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo, beserta rombongan, kembali ke Bandar Udara Internasional Supadio untuk bertolak kembali ke Jakarta. Kedatangan Presiden RI beserta rombongan dari Kabupaten Sintang disambut oleh Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Drs. H. Ria Norsan, M.M., M.H., dan beberapa unsur Forkopimda Provinsi Kalimantan Barat. 

Beberapa agenda kegiatan yang dilaksanakan Presiden RI selama melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Sintang, yakni meresmikan Bandar Udara Tebelian, meninjau pembangunan tanggul pengendali banjir, menyerahkan bantuan sosial kepada warga terdampak banjir, serta menanaman pohon bersama masyarakat di Daerah Aliran Sungai (DAS).

Dalam kesempatan ini, Wagub Kalbar menjelaskan selain meninjau banjir, kedatangan Presiden RI juga untuk memberikan bantuan dan menanam pohon kembali sebagai upaya penghijauan.

"Tadi secara singkat saya sampaikan kepada Presiden mengenai penyebab terjadinya banjir, yakni salah satu hutan penahan air sudah berubah status menjadi lahan perkebunan sawit, serta karena meluapnya air sungai dan hujan deras," jelas  H. Ria Norsan di Ruang  VIP Bandar Udara Internasional Supadio, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (8/12/2021).

Wagub juga menjelaskan upaya membuat geobag yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia bukan sebuah solusi. 

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat memilh solusi normalisasi sungai dan danau. Namun, hal itu membutuhkan biaya yang cukup tingg. Tetapi, sangat efisien karena air akan mengalir ke danau,” tutup Wakil Gubernur Kalimantan Barat.

Sumber Adpim Pemprov Kalbar

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar