Ajarkan Cara Bertani yang Baik, Satgas Pamtas Lakukan Penyuluhan Ketahanan Pangan di Perbatasan

KBRN, Pontianak : Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, mengadakan penyuluhan tentang ketahanan pangan bagi para pemuda dan kelompok tani di Dusun Palapasang, Desa Pasalapasang, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 8 personel Pos Palapasang dipimpin langsung oleh Danpos, Sertu Edy Yanto bertempat di Pos Palapasang dihadiri oleh para pemuda dan kelompok tani Dusun Palapasang.

"Kegiatan penyuluhan ketahanan pangan ini materi yang diberikan berupa cara-cara bertani yang baik, cara menanam aneka jeni tanaman kebutuhan pokok. Lalu cara menghindari serangan dari penyakit/hama untuk menghasilkan tanaman dengan hasil yang bagus dan sempurna, serta memperkenalkan jenis-jenis tanaman yang telah di tanam oleh anggota pos Palapasang dalam meningkatkan ketahanan pangan," ujar Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns, Letkol Inf Hendro Wicaksono, Jumat (22/10/2021).

Diakuinya selain melaksanakan tugas pokok dalam menjaga kedaulatan negara di perbatasan, Satgas juga mempunyai tanggung jawab kepada masyarakat perbatasan untuk melakukan pembinaan teritorial secara terbatas terhadap warga di sekitar pos perbatasan untuk membantu pemerintah daerah, salah satunya adalah program pemerintah yaitu ketahanan pangan.

Hal ini merupakan bagian dari upaya Satgas Pamtas untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan, memanfaatkan lahan tidur untuk bercocok tanam selain sayur mayur.

"Kami juga mengajak warga dan menggandeng pemerintah daerah serta menghadirkan kelompok tani untuk bersama-sama mempersiapkan bahan makanan pokok selain beras di dusun Palapasang, sehingga manfaatnya nanti dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan dalam jangka panjang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” ungkapnya.

Sementara itu, Danpos Palapasang Sertu Edy Yanto selaku pemberi materi penyuluhan menyampaikan tidak hanya fokus menjaga keamanan dan pelintas batas negara saja, namun juga mempunyai tugas dan tanggung jawab yakni membina warga di sekitar perbatasan. Personel Pos Palapasang juga melakukan pembinaan teritorial memberikan penyuluhan dan mengajarkan cara bercocok tanam yang baik sehingga hasil yang diharapkan sangat memuaskan.

“Dari hasil pertanian tersebut bisa dikomsumsi sendiri dan sebagian untuk dijual sebagai pendapatan keluarga sehingga menunjang pemerintah daerah dalam menaikan taraf perekonomian penduduk dan meningkatkan ketahanan pangan daerah,” pungkasnya. (Rilis)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00