Warganya Positif Covid-19 (OTG) dari Surabaya, Bupati Muda minta Jangan Lengah

KBRN, Kubu Raya : Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat, Muda Mahendrawan, mengimbau agar warganya yang akan bepergian ke luar kota jangan lengah dan warga harus lebih waspada jika menuju kota-kota zona merah Covid-19.

"Pemerintah sudah menerapkan aturan. Tolong dipatuhi dan jangan dianggap enteng. Ini bukan sikap panik, tapi waspada," ungkap Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan, usai mendapat informasi warganya positif Covid-19 Orang Tanpa Gejala (OTG) dari hasil pemeriksaan PCR Untan.

Satu diantara penumpang Lion Air rute penerbangan Surabaya - Pontianak, pada tanggal 1 Agustus 2020 lalu berinisal M, kini harus menjalani karantina. Bupati minta warga yang positif Covid-19 hasil PCR untuk berbesar hati dan komitmen untuk menjalani perawatan yang disediakan pemerintah.

"Terutama pasien-pasien positif Covid-19 yang asimtomatik atau tanpa gejala. Jangan karena merasa tidak sakit, kemudian lalai menjalankan kewajibannya untuk isolasi ketat dan berobat, karena kelalaian atau hal yang kita anggap sepele, bisa jadi fatal dan kematian untuk orang lain," tuturnya.

Bupati menambahkan, warga dan jajaran pemerintah harus bahu membahu untuk menangani dan menanggulangi kasus Covid-19 secara bersama-sama dan bahu membahu. 

"Semua merasa berat dan sulit dalam menghadapi pandemi ini. Namun tidak bisa dilakukan sendiri," ucapnya.

Dalam waktu dekat, Bupati Muda juga akan mengumpulkan duta new normal untuk lebih giat berkampanye baik secara langsung maupun melalui media sosial.

Gerakkan Ekonomi

Masa pandemi dan pembatasan sosial membuat ekonomi melambat. Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, sudah memikirkan hal ini dengan menggerakkan beberapa desa untuk menjahit masker. 

"Produksi masker kain oleh ibu-ibu penjahit kampung yang dibeli pemerintah Kabupaten Kubu Raya sudah lebih dari 150 ribu masker," katanya. 

Muda mengapresiasi inisiatif dan langkah cepat warga yang membuat masker berbahan kain. Menurutnya, hal tersebut sangat membantu pemerintah daerah dalam pengadaan masker bagi masyarakat.

“Ini energi positif bagi kami dalam membantu masyarakat mendapatkan masker secara gratis. Ke depan, kami dari pemerintah daerah melalui dinas kesehatan akan membantu konveksi ibu-ibu ini agar terus membuat masker", jelasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00