Penuhi Asupan Vitamin A pada Balita, Bupati Kubu Raya Ajak Ibu-ibu Datangi Faskes

KBRN, Kubu Raya : Kecukupan asupan vitamin A sangat penting bagi anak-anak dan ibu dalam masa nifas. Karena itu, pemerintah pusat telah mencanangkan Februari dan Agustus sebagai “Bulan Vitamin A”. Yakni bulan pemberian suplementasi vitamin A dosis tinggi bagi anak balita usia 6-59 bulan dan ibu dalam masa nifas.

Sayangnya tak banyak yang mengetahui hal ini. Karena itu, Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Muda Mahendrawan mengajak untuk memberi vitamin A kepada balita dan ibu nifas di bulan Agustus ini. 

“Kapsul vitamin A bisa diperoleh di sarana fasilitas kesehatan (faskes) seperti rumah sakit, puskesmas, pustu, poskesdes/polindes, balai pengobatan, praktik dokter, bidan praktek swasta, atau posyandu secara gratis,” ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH di ruang kerjanya, Senin (3/8/2020). 

Muda menambahkan, selain lewat suplemen kapsul vitamin A, para orang tua juga wajib memberi anak-anak beragam makanan tinggi vitamin A lainnya. Seperti sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, hati ayam, dan susu beserta semua turunannya. 

“Sebab vitamin A tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh sehingga harus dipenuhi dari luar. Kini kita telah memasuki bulan Agustus, saatnya membawa balita ke posyandu untuk mendapat pemberian vitamin A secara gratis. Ayo bawa balita ke posyandu,” ajaknya.

Lebih jauh dirinya menerangkan vitamin A merupakan zat gizi penting bagi manusia. Yakni untuk mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan. Secara khusus vitamin A bermanfaat untuk anak karena baik bagi kesehatan mata, mencegah kebutaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi. Selain itu vitamin A dapat mencegah anemia pada ibu nifas.

“Kekurangan vitamin A meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak, dan diare,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubu Raya Rosalina Muda menambahkan, selain manfaat besar untuk mencegah rabun dan kebutaan, vitamin A juga penting untuk kekebalan tubuh dan kesehatan sel-sel seperti rambut, kuku, dan kulit.

“Bagi yang tidak sempat datang ke posyandu, silakan datang ke bidan desa atau puskesmas terdekat untuk mendapatkan vitamin A secara gratis,” tuturnya. 

“Ayo para orang tua, pastikan anak-anak kita mendapatkan kapsul vitamin A sebagai wujud tanggung jawab kita terhadap masa depan mereka,” pesannya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00