KPw BKKBN Kalbar : Pelayanan Satu Juta Akseptor, Bukti Hadirnya BKKBN di Tengah Masyarakat

KBRN, Pontink : Menindaklanjuti program palayanan KB satu juta akseptor serangkaian hari keluarga Nasional-Harganas ke-27 di Kalimantan Barat yang mendapat kuota 23.000 terbagi di 14 Kabupaten Kota. Selain membuka tempat pelayanan di Puskesmas-puskesmas, juga dilakukan pelayanan jemput bola dari rumah ke rumah  dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

Langkah ini dilakukan untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa apapun situasinya BKKBN selalu hadir melayani  masyarakat sesuai dengan keinginan masyarakat, termasuk di tengah pandemic Covid-19 ini.

“Sejak tadi malam sudah berjalan karena ada kegiatan  pelayanan KB di pasca persalinan, jadi sejak pukul 00 kita sudah catat, sudah pantau pelayanan KB di rumah sakit  untuk yang baru melahirkan untuk langsung mengikuti program keluarga berencana”, jelas Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) seusai Upacara Peringatan Hari Keluarga Nasional Ke-27 di halaman kantor BKKBN setempat, Senin (29/6/2020).

Tenny optimis walaupun pelayanan satu juta ekseptor ini, baik peserta KB baru maupun ulangan tidak dilakukan seremonial secara masal karena situasi pandemic Covid-19, tetapi PLKB juga melakukan kunjungan ke rumah-rumah untuk menyerahkan alat kontrasepsi pil dan kondom, sesuai dengan supervisi atau pengawasan dari tenaga kesehatan.

“Ya ini kita usahakan layanan jemput bola, karena sekarang dengan pandemic covid-19 ini tentunay ibu-ibu atau pasangan usia subur-PUS takut keluar rumah atau ada anjuran untuk  pembatasan keluar rumah , begitu juga tenaga kesehatan punya pembatasan-pembatasan, sehingga kami coba membuat terobosan dengan kegiatan jemput bola, setiap PLKB atau kader KB untuk mengunjungi ibu-ibu pasangan usia subur menggunakan kontrasepsi sekaligus mengantarkan alat kontrasepsi, terutama pil dan kondom”, harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00