Kodam XII/Tpr Tes Rapid Bergilir Tiap Kesatuan

KBRN, Pontianak : Keseiusan Kodam XII Tanjungpura untuk mengantisipasi penularan Covid-19 terhadap jajarannya, sejak dua minggu lalu menggilir rapid tast gratis dari satuan ke satuan. Selain diikuti anggota Deninteldam, Pomdam, Jasdam, Hubdam juga diikuti Batalyon 643/Mekanis, masing-masing mengirimkan 10 orang.

Dalam Rapid Test ini Kesdam XII/Tpr telah menyiapkan 80 sampel, karena untuk TNI-Polri saja sekitar 60 personil sehingga mencadangkan 20 sampel. Cadangan ini disiapkan jika dari satuan ada anggota yang merasa perlu Rapid Test karena merasa pernah kontak langsung, termasuk untuk masyarakat umum.

“Tujuannya untuk mendeteksi dini, khusus anggota militer, PNS dan keluarganya, ini kan Rapid Test bukan positif negative, tetapi adanya reaktif dan non reaktif, apabila ada anggota ditemukan reaktif, nanti akan ditindaklanjuti dengan Sweb, kemudian tindakan selanjutnya yang bersangkutan mestinya harus dikarantina”, jelas Kepala Seksi Kesehatan Preventif (Kasikesprev) Kesdam XII/ Tanjungpura, Mayor CKM, Supriyadi saat pelaksanaan Rapid Test Gratis yang dipusatkan di Deninteldam XII/Tpr, Selasa (02/06/2020).

Mayor CKM Supriyadi mencatat, sejak dilaksanakaan Rapid Test dua minggu lalu, khususnya anggota TNI, PNS dan Keluarga sementara  tidak ada yang reaktif. Karena Virus ini tidak nampak,  Supriyadi mengharapkan kepada anggota, termasuk masyarakat agar mematuhi protokol Covid-19, artinya memakai masker, jaga jarak dan kosumsi vitamin-vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Pada kesempatan yang sama, Sersan Dua Zulkarnain anggota Hubdam XII/Tp mengaku sangat mendukung kegiatan ini, karena setidaknya dapat membantu mendeteksi secara dini.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak Pangdam XII Tanjungpura yang mempunyai rencana untuk mengetahui prajurit TNI ini mengetahui apakah ada virus Covid-19”,  ujar ia.

Zulkarnain menghimbah sekaligus mengajak kapada anggota TNI untuk bersama-sama mengikuti prototol kesehatan agar terhindar  dari Covid-19.

Sementara Subur Wibowo, Warga Jalan Karet Pontianak yang menyatakan sangat terbantu  Rapid Test gratis ini, karena tidak perlu mengeluarkan biaya. 

“Saya sangat berterima kasih terhadap Tim Kesdam XII Tanjungpura yang sudah melaksanakan test Rapit Covid-19 atau Corona suapa kita bisa mengetahui dari dini apakah di badan kita ada virus atau Corona”, ungkapnya.

Subur Mengajak kepada seluruh masyarakat untuk  ikut peduli pencegahan penularan  sesuai protap kesehatan  agar Covid-19 segera berakhir dan berbagai aktivitas kembali berjalan normal. (Hermanta).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00