RSUD Super Modern Soedarso,Tekan Masyarakat Berobat ke Luar Negeri

KBRN, Pontianak : Gedung Baru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dokter Soedarso yang baru saja diresmikan Presiden RI Joko Widodo merupakan Rumah Sakit Super modern di Kalimantan Barat, sehingga masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.  Direktur RSUD  Dokter Soedarso seusai peresmian Gedung Baru, Selasa (9/8/2022) Dokter Gigi Yuliastuti Saripawan, M. Kes  mengatakan, keunggulan gedung dua tower ini di RSUD Soedarso ada 14 Kamar Operasi. Di lantai 6 terdapat 12 Kamar Operasi dan di  lantai IGD terdapat dua Kamar Operasi.

“Itu unggulan dan kamar operasinya itu sangat terstandart, paka Presiden dan Menker sudah melihat dan beliau ancung jempol, karena itu kondisi yang memang kita miliki , kita bangga sebagai warga Kalimantan Barat kita memiliki kamar operasi yag betul-betul sesuai dengan standart dan mempunyai peralatan yang lumayan canggih dan terstandart,”ungkap Yuliastuti Saripawan.

Menyinggung tentang arahan Presiden agar dengan adanya Gedung baru dua tower ini masyarakat tidak perlu lagi berobat ke luar negeri, Yuliastuti Saripawan menyatakan hal itu merupakan PR bersama. Dimana  Gubernur Kalbar membangun Rumah Sakit ini  dalam rangka memperbaiki sarana dan fasilitas yang kita dimiliki. Selama ini RSUD Soedarso memang memiliki fasilitas dan bangunan lama  belum memadahi, tetapi kini dengan bagunan yang baru dan terstandar ini harapannya masyarakat mau memenfaatkannya.

“Kalau secara SDM Kalbar sudah punya, RSUD dokter Soedarso 66 dokter Spesialis  dan ada 16 dokter Sub Spesialis dan kita punya peralatan-peralatan yang memang bisa untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,”jelas ia.

Yuliastuti mencontohkan, saat ini di Rumah Sakit Soedarso sudah bisa dilaksanakan Kemoterapy, dan operasi mata yang biasanya di rujuk ke Jawa. Kemudian di sebelah Rumah Sakit Soedarso sedang mambangun gantung terpadu, sehingga diharapkan di tahun 2023 sudah bisa melaksakan bedah Jantung. Kementerian Kesehatan sendiri sudah berkomitmen membantu kita dalam dalam sarana dan peralatan.

“Tahun ini Rumah Sakit Soedarso kita juga dalam proses pembangunan Gedung radio terapi untuk penangan kanker, bahkan selama ini untuk kemo terapi sudah terlaksanakan di kita, pasien-pasien tidak perlu lagi ke Kuching  atau ke Jawa, karena sudah dilaksnakaan dan BPJS yang akan menanggungnya, itutalah yang menjadi unggulan RSUS Soedarso,”tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar