Stunting di Kabupaten Bengkayang Melampaui Angka Stunting Nasional Hingga 21,01 Persen

KBRN, Pontianak : Kasus stunting di Kabupaten Bengkayang cukup tinggi saat ini, yakni mencapai 27,89 persen. Tingginya angka stunting di Kabupaten Bengkayang tersebut pun melampaui angka stunting nasional yaitu di angka 21,01 persen.                      

Sub Koordinator Penyuluhan dan Pergerakan Bidang Pengendalian Penduduk Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkayang, Ria Wati mengatakan, tingginya angka stunting di Kabupaten Bengkayang saat ini menjadi atensi berbagai pihak, terutama pihaknya yang fokus dalam menurunkan angka stunting.

"Kasus stunting di Kabupaten Bengkayang masih cukup tinggi, yaitu di angka 27,89 persen dan nilai ini masih di atas angka nasional yaitu 21,01 persen," ungkapnya,  Minggu (3/7/2022).

Ria menambahkan, dengan tingginya angka stunting saat ini, pihaknya akan gencar melakukan penanganan kepada keluarga yang berisiko stunting. Serta tingginya kasus stunting mutlak menjadi perhatian Pemkab Bengkayang melalui Dinas Kesehatan.

Berbagai upaya strategis akan dilakukan untuk menghilangkan angka stunting tersebut.

Pencegahan terhadap stunting tersebut perlu dilakukan secara maksimal, sehingga cepat memacu turunnya status tersebut.

"Salah satu aksi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Bengkayang yaitu dengan melakukan pendampingan keluarga risiko stunting di tiap-tiap daerah oleh Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS)," jelasnya.

Ria melanjutkan, berbagai pihak juga akan turut membantu dalam proses penanganan tersebut. Mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa, serta melakukan sosialisasi kegiatan dengan melibatkan seluruh camat, kepala desa, ketua PKK desa se-kabupaten Bengkayang.

"Tim TPPS itulah nantinya akan bertugas melakukan pendampingan pada keluarga yang berisiko stunting," tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar