Mengatasi Mata Merah dan Mata Kering

KBRN, Pontianak : Mata merah dan mata kering merupakan kondisi yang umum terjadi dan kerap menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk mengatasi mata merah dan gejala mata kering, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, baik dengan cara alami maupun menggunakan obat tetes mata.

Cara mengatasi mata merah dan mata kering bervariasi, tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Untuk meredakan keluhan yang tergolong ringan, ada beberapa cara mengatasi mata merah dan mata kering yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Kompres air hangat

Selain meringankan rasa sakit, mengompres mata dengan air hangat juga dapat meningkatkan aliran darah di sekitar mata sehingga mata merah akan mereda. Tak hanya itu, kompres air hangat juga dapat membantu merilekskan mata, sehingga keluhan mata kering akan membaik.

Kompres hangat pada mata bisa dilakukan dengan membasahi kain lembut atau handuk dengan air hangat, lalu peras. Selanjutnya, letakkan kain atau handuk tersebut pada mata dan diamkan selama 10 menit.

2. Kompres air dingin

Kompres air dingin dilakukan jika mata merah dan iritasi mata tidak hilang setelah dilakukan kompres air hangat. Kompres dingin juga lebih direkomendasikan untuk mengatasi mata merah dan mata kering yang disertai bengkak dan gatal akibat iritasi atau alergi.

Cara melakukan kompres dingin hampir sama dengan kompres hangat. Anda cukup merendam kain lembut atau handuk dengan air dingin, kemudian peras. Setelah itu, letakkan kompres dingin tersebut pada mata yang merah.

3. Obat tetes mata

Obat tetes atau air mata buatan biasanya efektif digunakan untuk mengatasi gejala mata kering. Obat ini bekerja dengan cara melumasi mata, sekaligus menjaga kelembapan permukaan mata.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pilih air mata buatan yang mengandung bahan aktif hydroxypropyl methylcellulose. Jangan lupa untuk selalu menggunakan obat tetes ini sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Sementara itu, untuk mengatasi mata merah, Anda bisa menggunakan obat tetes mata yang cocok dengan penyebabnya.

Misalnya, jika mata merah disebabkan oleh iritasi ringan akibat masuknya debu dan partikel asing, Anda bisa memilih obat tetes mata yang mengandung bahan aktif tetrahydrozoline HCl. Bahan aktif tersebut bekerja dengan cara memperkecil pembuluh darah di mata yang melebar.

Jika mata merah yang Anda alami disebabkan oleh alergi, Anda bisa menggunakan obat tetes mata yang mengandung antihistamin.

Obat tetes air mata buatan maupun obat tetes mata biasanya dijual bebas di apotek atau toko obat. Penggunaan obat tetes mata tersebut biasanya efektif dalam mengatasi mata merah maupun kering selama Anda mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan dan sesuai dosis yang dianjurkan.

Namun, jika kondisi mata merah dan mata kering yang Anda alami tidak kunjung membaik dalam waktu 1 minggu, atau bahkan disertai dengan keluhan lain, seperti nyeri, keluar nanah atau darah, dan pandangan buram, sebaiknya periksakan mata Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

Sumber : alodokter.com

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar