DLH Cari Solusi Penyebab Air Sungai Singkawang Keruh

KBRN, Pontianak : Air sungai Singkawang akhir-akhir ini mengalami kekeruhan dan berwarna agak kecoklatan. Hal tersebut dikarenakan aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) yang berada di penghuluan sungai.

"Akhir-akhir ini saya lihat air sungai Singkawang kelihatan keruh dan berwarna kecoklatan. Mungkin akibat dari meluapnya aliran dari PETI di penghuluan sungai," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Singkawang, Emi Hastuti kepada wartawan (Selasa, 24/5/2022)

Mendapati hal tersebut, dirinya sudah mengerahkan tim dari Dinas LH ke lapangan untuk melihat sumber keruhnya air tersebut.

"Hasil dari pemantauan, keruhnya air sungai Singkawang memang disebabkan dari aktivitas PETI," ujarnya.

Sehingga, hal tersebut akan menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi pihaknya dan berupaya mencari solusi atau cara untuk menanggulangi permasalahan ini secara bersama-sama.

Paling tidak, dapat meminimalkan akibat atau dampak dari PETI itu sendiri.

"Memang butuh komitmen semua pihak untuk memikirkan lingkungan kita agar tidak semakin parah,” ungkapnya.

Menurutnya, pelaku PETI itu sendiri belum ada kesadaran terhadap lingkungan, sehingga menjadi komitmen bersama bagaimana cara menjaga lingkungan terutama masalah air yang digunakan MCK masyarakat yang tinggal di sekitar sungai Singkawang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar