Kubu Raya Perkuat Manajemen Puskesmas Dengan Sistem Data Informasi Geospasial

KBRN, Kubu Raya : Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) terus meningkatkan manajemen pelayanan kesehatan di setiap Puskesmas dengan pola-pola yang lebih cepat melalui sistem data informasi geospasial, sehingga promosi pelayanannya juga bisa lebih maksimal.

"Terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tentunya ini menyangkut usia harapan hidup. Sehingga dengan penguatan pelayanan kesehatan, maka langkah pencegahannya juga akan lebih cepat lagi", kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di sela meresmikan Puskesmas Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap, Selasa (17/5/2022) pagi.

Menurut Muda, penguatan Puskesmas menjadi rawat inap merupakan hal yang sangat penting dan harus diutamakan dalam penguatan derajat kehidupan masyarakat. 

"Jika usia harapan hidup bisa dicegah sedini mungkin, maka kita juga akan lebih preventif dalam melakukan pencegahan sehingga tidak serta merta langsung di bawa ke rumah sakit, tapi bisa dirawat di Puskesmas dulu dengan langkah-langkah yang berdampak pada psikis", ujarnya.

Bupati menilai, yang namanya sakit, dampak psikis memiliki peranan 60 sampai 70 persen, sehingga jika masyarakat di rawat di Puskesmas, maka mereka akan merasa lebih dekat, mudah dan renang serta tidak jauh dari keluarga. 

"Karena sebaran Puskesmas ini berada di sejumlah titik di setiap desa. Di Sungai Rengas ini tentu sebaran masyarakatnya cukup besar, karena di Puskesmas Sungai Rengas ini menjangkau warga yang ada di desa Sungai Kupah dab Jeruju Besar", ucapnya bupati Muda.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Marijan mengatakan, Puskesmas Sungai Rengas ini dibangun dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021.

"Diresmikannya Puskesmas Sungai Rengas ini bertujuan untuk lebih mendekatkan dan memudahkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di beberapa desa di daerah ini", kata Marijan.

Menurut Marijan, dengan memiliki gedung yang representatif, tentunya tidak ada masyarakat yang merasa tidak terjangkau pelayanan kesehatan. 

"Dengan dikeluarkannya Peraturan Bupati (Perbup) nomor 8 tahun 2019 tentang pelayanan gratis di tingkat Puskesmas dengan KTP Kubu Raya, tentunya masyarakat di seluruh penjuru Kubu Raya akan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis di semua Puskesmas", jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar