FOKUS: #VAKSIN COVID

Kejar Capaian 70 Persen, Bupati Muda Pastikan Vaksinasi Terus Dilakukan di Desa-desa

KBRN, Pontianak : Berbagai cara terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) untuk mengejar target 70 persen capaian vaksinasi yang ditetapkan pemerintah pusat.

Satu diantaranya dengan menyiapkan berbagai doorprize di setiap pelaksanaan vaksinasi dengan melibatkan puskesmas dan pemerintah desa.

Dengan strategi menyiapkan berbagai doorprize inipun terbilang ampuh untuk mengundang masyarakat agar mau divaksin. Kondisi itu tampak terlihat pada pelaksanaan vaksinasi yang di gelar di jalan Pramuka Rt 001 RW 007 warung bakso Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap, yang mana ratusan masyarakat terlihat mulai memadati tempat pelaksanaan vaksinasi sejak pukul 08.00 pagi.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di sela kunjungannya mengatakan, vaksinasi ini akan terus kita lakukan secara berkelanjutan, tentunya langkah ini merupakan upaya dari Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk mengejar 70 persen terget capaian vaksinasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat. 

“Sungai Rengas ini termasuk desa yang sangat besar jumlah penduduk dan capaian vaksinasinya, untuk itu diharapkan warga yang hari ini divaksin agar bisa menyampaikan kegiatan vaksinasi ini kepada keluarganya masing-masing agar mau divaksin”, kata bupati Muda di sela kunjungannya bersama Ketua TP PKK Rosalina Muda dan Kepala Dinas Kesehatan Marijan, Minggu (23/1/2022) siang.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada warga Sungai Rengas yang sejak pagi tadi sudah mendaftar untuk divaksin. Tentunya kondisi ini akan memberikan dampak kepada warga yang lainnya agar bisa juga divaksin.

“Alhamdulillah, pada kesempatan ini, kita juga memberikan sembako kepada warga yang divaksin dan kenang-kenangan. Untuk anak-anak usia 11-16 tahun juga akan terus kita lakukan vaksinasi, sehingga aktivitas belajar mengajar bisa terus tetap berjalan di desa Sungai Rengas ini”, ujarnya.

Bupati Muda mengharapkan semua RT juga bisa secepatnya melakukan pendataan sehingga pemerintah daerah bisa mengetahui warga mana yang sudah dan belum divaksin. Bupati juga menyampaikan selamat kepada warga yang hari ini telah disuntik vaksin.

“Terima kasih kepada semua panitia, terutama para vaksinator baik dokter, bidan dan perawat di Puskesmas Sungai Rengas serta para RT, Kepala Desa, Pemadam Kebakaran dan Karang Taruna yang ‘kepong bakol’ mengajak warganya untuk divaksin”, ucapnya.

Bupati menambahkan, pemerintah Kubu Raya akan terus memprogramkan vaksinasi, apalagi di Desa Sungai Rengas ini sudah dibangun Puskesmas baru yang akan menjadi Puskesmas kebanggaan bagi masyarakat Kecamatan Sungai Kakap.

“Insya Allah, pelayanan di Puskesmas yang baru ini nantinya akan jauh lebih baik dari sebelumnya, karena kita akan membuat masyarakat lebih banyak sehatnya daripada sakitnya. Tentunya kita membangun ini dengan komitmen supaya kita membuat masyarakat dari Desa Sungai Rengas, Sungai Kupah, Jeruju Besar dan Sungai Itik serta desa-desa lainnya di Kecamatan Sungai Kakap ini agar bisa terjaga kesehatannya”, harapnya.

Di tempat yang sama, satu diantara tokoh masyarakat Sungai Rengas Hermili Jamani mengatakan, Pemerintah Desa Sungai Rengas Kecamatan Sungai Kakap dan Puskesmas setempat ‘kepong bakol’ mensukseskan vaksinasi guna membantu pemerintah daerah mengejar 70 persen capaian vaksinasi.

“Tentunya kami masyarakat Desa Sungai Rengas akan terus mendukung program pemerintah daerah dalam mengejar capaian vaksinasi. Kami berterima kasih kepada bapak Bupati Muda Mahendrawan dan Ketua TP PKK ibu Rosalina yang menyempatkan hadir di lokasi vaksinasi ini, meski ditengah kesibukan agendanya setiap hari”, katanya.

Hermili menuturkan, pihaknya bersama Pemerintah Desa Sungai Rengas dan Puskesmas ‘kepong bakol’ menggencarkan vaksinasi kepada masyarakat. Yang mana pada hari ini kami menyiapkan lebih dari 300 mangkok bakso untuk masyarakat yang sudah divaksin.

“Alhamdulillah, sampai pukul 13.00 siang tadi sudah ada 300 lebih warga yang terdaftar divaksin. Selain menyiapkan lebih dari 300 mangkok bakso, Pemdes Sungai Rengas juga menyiapkan berbagai sembako kepada masyarakat dan doorprize sejumlah perabot rumah tangga dan 2 unit sepeda gunung kepada warga yang beruntung yang sudah diundi pukul 17.00 sore tadi“, ujarnya 

Hermili menambahkan, dalam pelaksanaan vaksinasi ini Pemdes dan Puskesmas Sungai Rengas juga melibatkan pihak Pemadam Kebakaran, Karang Taruna, majelis taklim dan pegiat sosial lainnya. 

"Selain hari ini, pada hari Selasa (25/1/2022) nanti Pemdes Persiapan Rengas Kapuas dan Puskesmas Sungai Rengas bersama Polda Kalbar juga akan kembali menggelar vaksinasi dengan menyiapkan doorprize pebot rumah tangga dan sembako", tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar