Lima Buah yang Disebut Bisa Obati Vertigo

KBRN, Pontianak :  Efektivitas beberapa jenis buah sebagai obat vertigo masih perlu diteliti lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya bila Anda ingin mencoba mengonsumsi aneka buah tersebut. Dikutip dari situs kesehatan alodokter.com, berikut ini adalah beberapa jenis buah yang dipercaya dapat meredakan gejala vertigo:

1. Kiwi

Kiwi dapat Anda konsumsi sebagai buah untuk obat vertigo, karena kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Vitamin ini berperan sebagai antioksidan yang dapat mengurangi peradangan akibat suatu penyakit dan salah satunya adalah penyakit Meniere yang memiliki gejala vertigo.

2. Pisang

Pisang juga diklaim sebagai buah untuk mengobati vertigo. Hal ini karena kandungan vitamin B3 dalam pisang mampu menjaga fungsi saraf dan meredakan pusing. Selain itu, buah ini juga menjadi bagian dari makanan yang mengandung vitamin C tinggi sehingga konsumsinya juga bisa meredakan gejala vertigo.

3. Semangka

Kurangnya cairan tubuh bisa menyebabkan penurunan tekanan darah sehingga memicu pusing akibat vertigo. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi banyak cairan agar vertigo dapat segera teratasi.

Ada beragam cara untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Selain mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap harinya, Anda juga bisa mengonsumsi buah yang tinggi kandungan air, seperti semangka.

Di dalam satu buah semangka terkandung sekitar 92% air. Hal ini membuat semangka tak hanya baik untuk meredakan gejala vertigo, tetapi juga baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

4. Alpukat

Alpukat merupakan buah dengan sumber lemak sehat, protein, dan magnesium. Pada kondisi vertigo, salah satu penyebabnya adalah kekurangan magnesium. Oleh karena itu, konsumsi buah alpukat diduga bisa membantu penanganan gejala vertigo.

5. Kurma

Buah untuk obat vertigo selanjutnya adalah kurma. Kurma dapat meredakan vertigo yang diakibatkan anemia karena kurangnya asupan zat besi. Hal ini karena kurma menjadi salah satu makanan yang mengandung zat besi tinggi. Selain kurma, zat besi juga dapat ditemukan pada kismis, plum, dan sayur bayam.

Selain mengonsumsi buah untuk vertigo, Anda juga disarankan untuk menghindari buah yang memiliki aroma kuat, seperti durian, nangka, atau cempedak. Makanan dengan aroma kuat tak jarang dapat memperberat gejala vertigo.

Selain konsumsi buah atau makanan serta obat-obatan untuk mengatasi vertigo, Anda juga perlu untuk memperbanyak istirahat, menghindari perubahan posisi tubuh secara tiba-tiba, mengonsumsi banyak air putih, dan menghindari konsumsi minuman beralkohol atau berkafein.

Apabila konsumsi buah untuk obat vertigo telah dilakukan, tetapi vertigo tak kunjung membaik atau sering kambuh sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar