Waspada Lonjakan Kasus Konfirmasi Jelang Imlek, Satgas Covid 19 Provinsi Bakal Lakukan Swab PCR Acak

KBRN, Pontianak: Menjelang Imlek 2537 Kongzili, Satgas Covid 19 Provinsi Kalimantan Barat akan melaksanakan Tes Swab PCR secara acak kepada para pendatang dari luar Kalbar melalui Terminal Kedatangan Bandara Internasional Supadio. Hal ini dilakuan untuk mengantisipasi kemungkinan akan terjadi lonjakan kasus konfirmasi di Kalimantan Barat.

Wakil Ketua 8 Satgas Covid 19 Provinsi Kalimantan Barat dr. Harrison, M.Kes mengatakan, saat ini syarat perjalanan dari luar Kalbar menggunakan Antigen dan dinilai tidak sensitive. Oleh karena itu, apalagi pengukuran nilai CT hanya sebatas di angka 25 kebawah positif dan 25 keatas negatif.

“Sekarang kan masuk ke Kalbar hanya pakai Antigen, dan sebenarnya tidak sensitive. Jadi, jika nilai CT 25 kebawah itu positif, tapi apabila 25 keatas itu negatif. Untuk itu kami akan laksanakan Swab PCR acak di Terminal Kedatangan Bandara Internasional Supadio,” kata Wakil Ketua 8 Satgas Covid 19 Provinsi Kalbar dr. Harrison, M. Kes Sabtu (22/01/2022).

Mantan Kadinkes Provinsi Kalimantan Barat ini menuturkan, meningkatnya kasus konfirmasi Covid 19 di Kalbar ini, tidak menutup kemungkinan diakibatkan oleh varian Omicron. Kendati belum dipastikan, namun dapat di pantau dari perilaku penyebaran yang cukup cepat, mengarah ke varian ini.

“Tidak menutup kemungkinan meningkatnya kasus di Kalbar ini disebabkan karena varian Omicron, meskipun belum pasti ya, tapi dengan penularan yang cepat. Karena dalam satu keluarga itu, terjadi penularan. Di sekolah begitu juga kalau kita biarkan, akan cepat menular,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar