FOKUS: #CORONA

Covid-19 Masuk Lingkungan Pendidikan, Epidemiologi Sarankan Hal ini

KBRN, Pontianak : Ahli Epidemiologi dari Poltekkes Pontianak, Malik Saepudin mengapresiasi langkah cepat dari Pemkot Pontianak dengan mengehentikan sementara Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas pasca ditemukannya kasus positif Covid-19 di lingkungan pendidikan. Menurutnya, langkah itu sesuai dengan kebijakan yang dituangkan dalam SKB 4 Menteri. 

“Apa yang dilakukan itu sudah sesuai kesepakatan awal. Ketika ditemukan kasus, aktivitas tatap muka di sekolah langsung dihentikan,” katanya. 

Setalah adanya respon cepat, selanjutnya Malik menyarankan agar pemerintah melakukan penelusuran temuan kasus Covid-19 itu. 

“Segera dilakukan pelacakan agar tidak terlambat. Artinya tidak hanya kasus positif yang ditemukan, tapi pastikan varian pada kasus positif itu apa,” ujarnya. 

“Artinya jika itu ditelusuri, dan itu memang Omicron, pemerintah mesti disampaikan ke masyarakat agar bisa waspada, karena di beberapa daerah di luar Kalbar juga telah terjadi transmisi lokal,” lanjut Malik.

Malik melanjutkan, pemerintah daerah juga harus memastikan pengawasan berjalan efektif terhadap mereka yang diisolasi pasca ditemukan kasus positif Covid-19.

 “Tempat-tempat untuk isolasi mandiri dipersiapkan dengan baik sehingga tidak menimbulkan penularan kemana-mana,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar