FOKUS: #VAKSIN COVID

Target Capaian Vaksinasi di Kubu Raya Bertambah 64 Ribu Lebih

KBRN, Pontianak : Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Muda Mahendrawan mengatakan dengan adanya vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun, pihaknya mendapat tambahan target capaian vaksinasi di Kubu Raya sebanyak 64 ribu lebih.

"Sebelumnya target vaksinasi Kubu Raya sebesar 432.686, dengan sudah bisa di vaksinnya anak umur 6 sampai 11 tahun ini, maka ada penambahan 64 ribu lebih masyarakat Kubu Raya yang harus di vaksin Covid-19 menjadi 492.686," kata Muda saat meninjau pelaksanaan vaksinasi anak di Kubu Raya, Rabu (19/1/2022) .

Untuk memaksimalkan vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 sampai 11 tahun ini, pihaknya akan membuat aturan wajib vaksin bagi anak untuk melakukan kegiatan tatap muka di sekolah.

"Kita imbau kepada semua orang tua di Kubu Raya agar tidak ragu membawa anaknya untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 baik yang dilaksanakan di sekolah, maupun di pusat kesehatan yang ada di tiap kecamatan dan desa," ajaknya. 

Bupati menyampaikan, capaian vaksinasi di Kubu Raya sudah mencapai 65 persen, tinggal 5 persen lagi mencapai 70 persen seperti yang ditetapkan oleh Kemenkes guna mencapai kekebalan kelompok (herd immunity) masyarakat di kabupaten itu.

"Untuk vaksinasi anak-anak ini, kita optimis bisa dicapai dengan cepat, karena kita akan organisir pelaksanaan vaksinnya di sekolah-sekolah," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Marijan mengatakan untuk vaksinasi anak ini pihaknya akan menggunakan Sinovac dan stoknya ada 60.000 dosis. Selain untuk anak, pihaknya juga akan tetap memaksimalkan vaksinasi untuk masyarakat umum, termasuk lansia dan dilaksanakan secara konsisten untuk mencapai target vaksinasi di Kubu Raya.

Terkait vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun ini, pihaknya berharap agar setiap sekolah di bantu pihak Puskesmas dan Pustu bisa bersama-sama mensosialisasikan kepada orang tua siswa agar tidak khawatir untuk memberikan vaksin kepada anak-anak.

"Ini juga sesuai tujuan kita untuk mewujudkan kekebalan kelompok, agar proses belajar mengajar di sekolah bisa secepatnya kembali normal. Untuk itu, kita akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kubu Raya untuk mempercepat capaian vaksinasi bagi anak ini," katanya.

Marijan juga memastikan di Kubu Raya tidak ada vaksin yang kadarluarsa, karena pihaknya sudah membuat sistem pelaksanaan vaksin, di mana vaksin yang diberikan dari Dinkes Kalbar, langsung digunakan untuk vaksinasi di setiap titik di Kubu Raya.

"Jadi kita pastikan vaksin kita aman, karena kita juga menghindari efek samping yang bisa ditimbulkan jika kita menggunakan vaksin yang kadarluarsa. Jadi, vaksin yang kita berikan dipastikan aman untuk masyarakat," tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar