Vaksin Covid 19 Masih Cukup Efektif Cegah Varian Omicron

KBRN, Pontianak: Varian Omicron disebut lebih menular dan masuk dalam kategori variant of concern. Meski varian ini pertama kali ditemukan di Afrika Selatan dan telah menular di beberapa negara dunia, namun kini keberadaannya telah terdeteksi di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Ketua Tim Surveilance Genom SARS CoV2 Universitas Tanjungpura Pontianak dr. Andriani menyebutkan, bahwa vaksinasi sangatlah penting untuk mencegah penularan Varian Omicron. Tapi, pihaknya juga menekankan pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

Andriani mengatakan terkait, efektivitas vaksin Covid 19 untuk mencegah penularan SARS CoV2 varian Omicron tersebut, dinilai masih cukup efektif untuk mencegah penularan varian ini.

Meski beberapa studi menyebut bahwa ada penurunan efektivitas dari vaksinasi Covid-19, namun seberapa besar penurunannya dan seberapa besar dampaknya masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

“Akan tetapi masih diteliti juga apakah ada penurunan efektifitas vaksin terhadap varian omicron. Karena di beberapa negara ditemukan fakta bahwa orang yang memiliki antibody atau sudah pernah di vaksin, masih mengalami infeksi Covid 19 yang disebabkan oleh varian Omicron,” ujarnya Rabu (19/01/2022).

Disinggung mengenai pemberian vaksin ketiga atau booster bagi masyarakat khususnya Lansia dan warga yang memiliki imunokompromais atau sesorang yang memiliki penyakit bawaan (komorbid), Andriani menuturkan, upaya ini sebagai langkah antisipatif dan kewaspadaan terhadap merebaknya varian Omicron di Indonesia.

“Vaksin ketiga atau booster ini kan, sebagai bentuk kewaspadaan pemerintah terhadap penularan varian Omicron khususnya untuk lansia. Apalagi, di beberapa negara sudah muncul gelombang baru,” jelasnya.

Dengan demikian, diutarakan Andriani pemberian vaksin booster kepada warga lansia atau orang dengan komorbid ini paling tidak dapat menurunkan resiko atau angka keparahan hingga meninggal dunia kepada warga yang rentan terhadap virus ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar