Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Se Kalbar Resmi Dimulai

KBRN, Pontianak: Pelaksanaan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun hari ini Selasa (18/01/2022) resmi dimulai. Vaksinasi menyasar siswa SD baik negeri maupun swasta se Kalimantan Barat. Kebijakan pelaksanaan Vaksinasi Anak ini merujuk Surat Keputusan (SK) Menteri Kesehatan RI tentang pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 Tahun.

Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji di dampingi Kapolda Kalbar dan Bupati Kuburaya meresmikan pencanangan Vaksinasi Anak yang dipusatkan di SD Negeri 58 Parit Bugis Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kuburaya.

“Jajaran Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat beserta forkopimda Kalbar serta bupati dan walikota se Kalbar berkomitmen akan terus memantau perkembangan jalannya vaksinasi anak setiap harinya. Karena, capaian vaksinasi setiap daerah ditargetkan minimal hingga 80 persen pada akhir Februari 2022,” ujarnya.

Sementara itu, mendukung pelaksanaan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun dan juga percepatan vaksinasi lainnya, Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro mengungkapkan, bahwa percepatan vaksinasi memang harus dilakukan segera, dengan demikian stok vaksin yang tersimpan dapat digunakan maksimal.

“Karena vaksinasi ini harus digencarkan terus, karena kalau tidak ada vaksin yang kadaluarsa, tinggal semangat saja. Kita, gubernur, saya, pangdam, bupati dan walikota tinggal menyemangati saja, dari kabupaten, kecamatan, hingga ke desa-desa,” tandasnya.

Terkait dengan akses sulit untuk mencapai lokasi vaksinasi ditambahkan kapolda, pihaknya akan dibantu jajaran TNI secara door to door menjangkau dan melakukan jemput masyarakat untuk di vaksin.

Ditempat yang sama, Bupati Kuburaya Muda Mahendrawan menuturkan, pada saat pencanangan, terdapat 5 SD Negeri dan swasta di Kuburaya yang mengikuti vaksinasi anak dengan sebanyak 500 orang, dengan total 60.400 orang anak usia 6-11 tahun di Kuburaya. Pihaknya optimis, cakupan vaksinasi hingga 80 persen yang ditargetkan akhir Februari bisa dicapai.

“Kalau sekolah ini kan cepat, baik SD, MI dan swasta, jadi kita optimis. Seperti SMP yang lalu juga cepat, karena mampu di mobilisasi disetiap sekolah. Dari angka itu saja kita optimis sudah bisa mencapai 12 persen,” harapnya.

Berdasarkan data KCPEN, jumlah sasaran Vaksinasi Anak Usia 6-11 tahun serentak di Kalbar sebanyak 560.949 orang anak. Sedangkan sasaran untuk vaksinasi dosis pertama anak usia 12 tahun keatas di Kalbar sebanyak 3.872.477, per tanggal 16 Januari 2022 mencapai 2.801.485 orang dengan persentase 72,34 persen. Sementara dosis 2 telah mencapai 1.904.121 orang atau 49,14 persen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar