FOKUS: #VAKSIN COVID

Tekankan Pentingnya Edukasi, Politisi PAN Dorong Vaksinasi Covid-19 untuk Anak-anak

KBRN, Pontianak : Anggota DPRD Kota Pontianak Mujiono mendukung pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak. Untuk di Provinsi Kalbar, vaksinasi anak-anak baru diadakan hari ini secara serentak.

Inikan program nasional, saya kira payung hukumnya juga sudah jelas. Jadi saya minta Pemkot Pontianak pro aktif dengan menggunakan infrastruktur di bawah. Seperti RT, RW digerakkan dengan mendorong masyarakat bahwa vaksin ini aman. Inikan awalnya banyak isu, vaksin anak, vaksin lansia, ada efek kurang baik," katanya, Selasa (18/01/2022).  

Mujiono menekankan, agar Vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak optimal, maka perlu dilakukan edukasi. Termasuk menyakinkan orang tua agar tidak takut membawa anaknya vaksin. 

"Kumpulkan masyarakat kemudian diedukasi dan lain sebagainya.  Dijelaskan bahwa Vaksin ini bermanfaat untuk masyarakat. Kalau saat inikan masyarakat masih berfikir dan ada informasi serta isu jika vaksin ini bisa buat orang meninggal, lumpuh dan sebagainya. Hal seperti inilah yang seharusnya menjadi fokus pemerintah kota untuk melakukan edukasi kepada masyarakat," jelas Poliisi PAN Kota Pontianak itu. 

Sementara terkait adanya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI), Mujiono meminta agar hal itu tidak digeneralisir. Karena bisa saja KIPI terjadi, akibat adanya penyakit bawaan yang sebelumnya tidak diinformasikan calon penerima vaksin kepada vaksinator. 

"Oleh karena itu sebelum divaksin masyarakat harus jujur kepada petugas kesehatan menyampaikan informasi yang jelas. Sedetail mungkin, sehingga petugas kesehatan bisa mengidentifikasi, ini boleh atau tidak untuk divaksin," ungkapnya. 

Untuk mengejar target cakupan Vaksinasi Covid-19, Mujiono mendorong dilakukannya kerjasama semua pihak. 

"Untuk mencapai target nasional vaksinasi harus masif. Bila perlu ada di setiap kelurahan itu harus melakukan vaksinasi secara rutin," tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar