FOKUS: #VAKSIN COVID

Pemkot Pontianak Targetkan 65 Ribu Anak Usia 6-11 Tahun Divaksin

KBRN, Pontianak ; Sebanyak 100 orang siswa SD Karya Yosef mengikuti pencanangan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun yang digelar serentak se-Kalbar di Gedung Pontianak Convention Center (PCC), Selasa (18/1/2022). Jenis vaksin yang disuntikan kepada anak-anak adalah vaksin Sinovac dengan dosis 1,5 ml.

Wali Kota Pontianak, EdI Rusdi Kamtono menuturkan vaksinasi ini dilakukan agar capaian vaksinasi bisa terpenuhi seratus persen dan mempercepat pembentukan kekebalan komunal (herd immunity) pada anak.

“Kita menargetkan 65 ribu anak usia 6-11 tahun di kota Pontianak bisa divaksin. Saat ini kita terus menggencarkan sosialisasi vaksinasi anak melalui pihak sekolah agar orang tua siswa memahami pentingnya vaksinasi tersebut. Pasalnya para orang tua harus mendampingi anak-anaknya saat divaksin sebab mereka-lah yang mengetahui jelas riwayat kesehatan anaknya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, dr. Sidig Handanu memastikan seluruh sekolah tingkat SD baik negeri maupun swasta di kota Pontianak sudah menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Namun, pihak sekolah meminta waktu untuk mensosialisasikan hal itu kepada orang tua siswa.

“Screening yang baik pada anak-anak itu kan kita harus tau datanya dari orang tua sehingga kita harus mensosialisasikan hal ini kepada orang tua karena mereka harus tau anaknya disuntik. Jadi anak yang disuntik kondisinya harus dipastikan sehat dan vaksinasi kepada anak yang tidak sehat bisa ditunda,” jelasnya.

Kendati demikian, Sidig mengatakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini tak hanya dilakukan di sekolah saja tapi juga bisa didapatkan di fasilitas kesehatan lainnya seperti puskesmas atau sentra vaksinasi yang sudah ditunjuk oleh Dinas Kesehatan Kota Pontianak seperti Gedung PCC.

“Jadwal vaksinasi anak pun akan menyesuaikan dengan vaksinasi kelompok umum lainnya,” imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar