5 Manfaat Kopi Tanpa Gula Bagi Kesehatan Tubuh

KBRN, Pontianak ; Apakah kamu termasuk orang yang suka minum kopi? Ternyata kopi memiliki banyak manfaat lho. Akhir akhir ini memang kopi sedang diperbincangkan dan menjadi tren bagi pecinta kopi. Kopi yang bagaimana sih yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh? Dilansir dari Alodokter.com. Kopi adalah minuman yang berasal dari biji kopi yang dihaluskan.

Kopi yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan adalah kopi yang pahit atau tanpa gula. kopi memiliki kandungan mineral yang beragam seperti natrium, kalium, folat dan magnesium. Kopi juga mengandung antioksidan riboflavin.

Selain penghilang rasa kantuk, kopi memiliki beberapa manfaat lainnya. Berikut 5 manfaat kopi yang harus kamu ketahui bagi kesehatan tubuh.

1. Menyehatkan jantung

Manfaat kopi ini dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Dikutip dari Harvard School of Public Health, minum kopi secara rutin mungkin dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.Hal ini dapat dibuktikan dalam beberapa penelitian yang disebutkan di situs tersebut.Dalam sehari minum 1-2 cangkir kopi dalam dosis sedang tidak beruk terhadap kesehatan kardiovaskular, menurut Current Cardiology Reports.

2. Terhindar dari diabetes

Manfaat ini sangat penting bagi kesehatan, menurut sebuah teori orang yang rutin minum kopi memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap diabetes mellitus tipe 2. Namun, jika Anda sudah mengidap diabetes, kafein pada kopi berisiko memengaruhi kadar gula darah, entah menjadi lebih tinggi atau lebih rendah.Oleh karena itu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter Anda jika ingin minum kopi tetapi Anda memiliki diabetes tipe 2.

3. Meningkatkan fungsi otak

Minum kopi memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi otak. Pada beberapa penelitian, mengkonsumsi kopi dapat mengurangi risiko demensia atau pikun. Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki banyak efek positif pada otak, seperti membantu konsentrasi, meningkatkan Susana hati, meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi risiko depresi. Untuk menjaga kesehatan dan fungsi otak, sebaiknya kamu juga mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti buah-buahan, sayuran serta rutin berolahraga.

4. Mencegah penyakit Parkinson

Kopi memiliki kandungan kafein, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi minuman berkafein termasuk kopi dapat mencegah penyakit parkinson. Selain itu kafein dalam kopi juga membantu mengontrol gerak tubuhnya menjadi lebih baik.

5. Menyehatkan organ hati

Manfaat kopi selanjutnya dapat menyehatkan organ hati. Kopi biasa maupun kopi decaf (yang sudah dibuang kandungan kafeinnya) memiliki efek yang bisa melindungi organ hati. Menurut Journal of Clinical Gastroenterology menyebutkan bahwa asupan kopi berpotensi mengurangi jumlah lemak pada hati.

Dikutip dari : Alodokter

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar