Jelang PPKM Level 3, Wako Edi Imbau Gereja Bentuk Satgas Prokes Covid-19

KBRN, Pontianak ; Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono telah menerbitkan surat edaran tentang pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 pada tanggal 3 Desember 2021 lalu.

Dalam surat edaran itu, PPKM level 3 itu mulai diberlakukan pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022 mendatang. Penerapan PPKM level 3 ini diketahui akan diberlakukan di seluruh daerah di Indonesia, mengacu pada Inmendagri nomor 62 tahun 2021.

“Saya minta gereja atau rumah ibadah membentuk satuan tugas protokol kesehatan (prokes) sebelum menerima jemaat untuk beribadah. Mereka bertugas mengawasi kedisiplinan protokol kesehatan selama rangkaian ibadah Hari Raya Natal,” katanya, Selasa (7/12/2021).

Selain itu, Edi juga meminta satgas yang dibentuk gereja bisa berkoordinasi aktif dengan satgas Covid-19 Kota Pontianak. Sementara itu, untuk kapasitas keterisian ruang ibadah dibatasi maksimal 50 persen dan sebelum memasuki rumah ibadah, jemaat wajib melakukan skrining kesehatan elektronik menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

“Saya imbau kepada seluruh masyarakat agar tidak menggelar kegiatan perayaan tahun baru, termasuk arak-arakan atau pawai malam pergantian tahun baru,” ujarnya.

Penerapan PPKM level 3 ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya varian baru Covid-19 serta mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19. Upaya ini dilakukan dengan memperketat penerapan protokol kesehatan dan membatasi mobilitas masyarakat. Selain itu ASN, TNI/Polri juga dilarang cuti selama diberlakukannya PPKM level 3.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar