Bugarnya Bangun Pagi dan Cara Mudah Melakukannya

KBRN, Pontianak : Bangun pagi, selain untuk kesehatan fisik tetapi juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental. Walau mungkin bagi setiap orang tidak mudah dilakukan, bukan berarti tak bisa mencobanya. Berikut manfaat bangun pagi dan tips untuk melakukannya mengutip artikel alodokter Sabtu (4/12/2021).

Banyak cara yang biasa dilakukan untuk bangun pagi, misalnya dengan memasang alarm di ponsel dengan suara kencang. Namun terkadang langsung itu kurang optimal.. Setelah alarm berbunyi, banyak yang kembali untuk menarik selimut dan tidur.

Berikut ini beberapa hal positif yang bermanfaat dari bangun pagi, di antaranya:

1. Bisa olahraga pagi

Udara di pagi hari cenderung masih sangat segar dan baik untuk kesehatan sebab belum terkontaminasi dengan banyak asap dan polusi. Dengan bangun pagi, kita bisa menghirup udara ini sebanyak-banyaknya. Bangun lebih pagi juga membuat bisa berolahraga sebelum memulai hari.

Selain sore hari, pagi hari merupakan salah satu waktu yang disarankan untuk berolahraga. Rutin berolahraga memberi manfaat seperti mengurangi berat badan, menjaga kesehatan tulang dan otot, meningkatkan energi, memperlancar peredaran darah, memperlambat penuaan, menjaga kesehatan otak, serta meningkatkan kualitas tidur.

2. Lebih bahagia

Selain untuk menjaga kesehatan fisik, bangun pagi bermanfaat untuk kesehatan mental. Berdasarkan sebuah penelitian, orang yang bangun pagi akan lebih bahagia karena memiliki mood yang baik dan merasa lebih sehat jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki kebiasaan begadang hingga larut malam. Dengan catatan,  bangun pagi setelah mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas.

3. Lebih aktif saat berkegiatan seharian

Karena mood yang cenderung lebih baik, bangun pagi juga dihubungkan dengan keaktifan seseorang dalam menjalani hari. Selain itu, orang yang bangun pagi juga lebih jeli dalam mengantisipasi masalah yang akan terjadi dan berusaha untuk mengurangi masalah tersebut.

4. Lebih berprestasi di sekolah atau kampus

Berdasarkan sebuah penelitian, siswa yang bangun pagi cenderung memiliki nilai atau pencapaian prestasi yang lebih baik daripada mereka yang suka tidur malam.

Ada dua alasan yang mendasari. Pertama, bangun pagi membuat mahasiswa bisa belajar terlebih dahulu sebelum jam belajar di kelas dan tidak terlambat mengikuti kelas ataupun kuliah.

Kedua, untuk bangun pagi mereka cenderung akan tidur lebih awal sehingga tidak tergoda untuk begadang bermain game atau melakukan kegiatan lain yang bisa memberi pengaruh negatif terhadap kemampuan akademis.

  Tips Mudah agar Bangun Pagi

Bila mengalami kesulitan untuk bangun pagi, tips-tips berikut ini bisa dilakukan, di antaranya:

1. Matikan lampu dan benda elektronik

Paparan cahaya terang dari lampu sebelum tidur dapat mengurangi dan memperlambat produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu kita merasa mengantuk. Demikian juga dengan cahaya dari ponsel, komputer, laptop, dan TV. Bila Anda tidak ingin bangun terlambat, Anda disarankan untuk mematikan sumber cahaya paling tidak satu jam sebelum tidur.

2. Ketahui jam tidur yang dibutuhkan

Orang dewasa rata-rata membutuhkan tidur selama 7–9 jam sehari, tapi ada sebagian orang yang merasa cukup walau tidur hanya 6 jam atau bahkan kurang. Jadi sebaiknya, cari tahu berapa lama waktu tidur yang terasa cukup untuk Anda.

Setelah itu, tetapkan jam berapa Anda harus bangun. Contohnya, jika Anda butuh 8 jam tidur dan harus bangun pukul 05.00,  disarankan sudah tidur dari pukul 21.00.

3. Taruh alarm di tempat yang tidak mudah dijangkau tangan

Ketika mendengar alarm berbunyi, hal pertama yang sering dilakukan yaitu mematikannya, apalagi jika alarm ditaruh di bawah bantal atau di meja samping tempat tidur. Untuk menyiasati hal tersebut, tempatkan alarm agak jauh, sehingga mengharuskan Anda bangun untuk mematikannya.

  4. Langsung bangun

Setelah alarm dimatikan, segera duduk di tempat tidur dan gerak-gerakkan kaki Anda. Setelah itu, ambil napas dalam-dalam sebanyak 3–4 kali agar lebih siap bangun dari tempat tidur dan melakukan aktivitas.

5. Minum kafein

Kopi, teh hitam, atau teh hijau mengandung kafein yang mampu meningkatkan kadar hormon serotonin dan dopamin, yaitu hormon yang dapat menaikkan mood dan energi.

Dengan mengonsumsi minuman itu, tidak hanya jadi bisa bangun pagi, tapi juga bisa bersemangat dan lebih fokus dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

6. Meditasi

Bila  kesulitan untuk bangun pagi lantaran tidak bisa tidur cepat atau mengalami masalah tidur di malam hari, coba lakukanlah meditasi. Cara ini bisa meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Jika mengalami insomnia, meditasi dapat dimanfaatkan untuk membantu lebih rileks dan tenang sebelum tidur, sehingga diharapkan bisa lebih cepat tidur.

7. Berolahraga

Rutin berolahraga setiap hari, walau hanya sebentar, bisa membuat  ingin tidur lebih cepat dan memiliki tidur yang berkualitas, sehingga waktu tidur yang Anda butuhkan bisa terpenuhi. Dengan begitu,  tidak kesulitan lagi untuk bangun pagi.

8. Hindari begadang

Terlalu sering begadang memang tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, begadang juga bisa menyebabkan Anda sulit bangun pagi. Hal ini karena saat pagi datang, waktu tidur  belum mencukupi. Nah, agar bisa bangun pagi, cobalah untuk menghindari begadang.

Bagi sebagian orang, bangun pagi dapat menjadi tantangan tersendiri. Namun, mengingat banyaknya manfaat yang bisa diambil, Anda bisa mencoba untuk bangun pagi mulai dari sekarang, agar tubuh menjadi lebih sehat dan semangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Akan tetapi, bila masih mengalami kesulitan untuk bangun pagi, atau merasa masih lelah saat bangun pagi, bisa saja  memiliki gangguan tidur. Jika ini sudah sangat mengganggu kebugaran atau bahkan aktivitas sehari-hari,  konsultasikan kondisi ke psikiater untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Ditinjau oleh: dr. Meva Nareza

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar