Bupati Landak Jadikan Stunting Sebagai Prioritas Program PKK

KBRN, Pontianak : Bupati Landak Karolin Margret Natasa yang juga selaku Dewan Pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten Landak melakukan kunjungan kerja di Desa Pakumbang, Kecamatan Sompak dengan agenda pembinaan sepuluh program pokok PKK dengan dihadiri oleh Kepala OPD terkait yang merupakan mitra kerja PKK Kabupaten Landak, pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Landak, Tim Penggerak PKK Kecamatan Sompak, Forkopimcam Sompak, Kepala Puskesmas Sompak, Kepala Desa, Tim penggerak PKK Desa Pakumbang, Kader PKK, Kader Posyandu, ibu hamil dan ibu beserta balita, Kamis (02/12/2021).

Tujuan dari kegiatan ini yaitu sebagai pembinaan oleh tim penggerak PKK Kabupaten Landak mengenai sepuluh program pokok PKK secara berjenjang mulai dari kabupaten, kecamatan, desa sampai tingkat dasa  wisma di dusun-dusun, dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada para ibu-ibu.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa menyampaikan bahwa PKK harus tetap melaksanakan program walaupun dalam situasi pandemi COVID-19, dalam kesempatan ini Bupati Landak memberikan penyuluhan mengenai pencegahan stunting yang bisa dilakukan oleh tim penggerak PKK.

"Stunting sebagai prioritas program PKK dalam melakukan penanganan stunting seperti mengukur tinggi badan dan berat badan anak yang ideal, kemampuan IQ mereka sehingga kita dapat menciptakan generasi Kabupaten Landak yang hebat. Hal ini kita lakukan karena anak stunting akan sangat rentan terhadap kesehatannya, itu yang kita khawatirkan," terang Karolin, sesuai rilis yang diterima RRI. 

Hasil yang diharapkan melalui gerakan PKK dapat mendukung program pemerintah, terlaksananya sepuluh program pokok PKK di tim penggerak PKK Kecamatan sampai ke desa dan dasa wisma di dusun-dusun, tersusunnya prioritas program kerja lima tahun yang didukung dan difasilitasi oleh OPD sebagai mitra kerja PKK serta terwujudnya peran aktif seluruh jajaran tim penggerak PKK bersama para kadernya.

"Stunting ini bukan berdasarkan orang itu miskin, tetap pemahaman dan pengetahuan orang tua yang kurang terhadap stunting. Untuk itu, Saya mengajak kader PKK dan Posyandu untuk menjadi penyuluh dimasyarakat dalam mengatasi stunting ini, sehingga masyarakat Kabupaten Landak dapat melaksanakan pola hidup bersih dan sehat," pesan Karolin.

Usai melakukan penyuluhan, Bupati Landak memberikan bantuan berupa Antropometri, handsainitaiser, masker dan MP ASI untuk Balita, bibit ikan nila, buku bacaan serta bibit kopi. Selain itu, Bupati Karolin juga melihat hasil kerajinan tangan yang dibuat oleh ibu-ibu di Desa Pakumbang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar