FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Dinkes Kubu Raya Bersama STAKN Fasilitasi Vaksinasi Dosis Kedua Untuk Warga dan Mahasiswa

KBRN, Pontianak : Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas SUNGAI Raya Dalam bersama Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri (STAKN) melakukan vaksinasi Covid-19 kepada masiswa dan masyarakat di sekitar kampus.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya Abang Darmansyah mengatakan, vaksinasi yang digelar hari ini di STAKN merupakan vaksinasi dosis kedua kepada warga dan mahasiswa yang telah melakukan vaksinasi dosis pertama.

"Sasaran vaksinasi hari ini sebanyak 400 dosis untuk masyarakat dan mahasiswa di lingkungan kampus baik yang berdomisili di Desa Parit Baru maupun di Desa Sungai Raya Dalam, karena lokasi kampus ini berada di dua desa di Kecamatan Sungai Raya", kata Abang di sela memantau vaksinasi di STAKN, Kamis (16/9/2021) pagi.

Abg menjelaskan, untuk mencegah kerumunan saat pelaksanaan vaksinasi, pihaknya telah melakukan beberapa strategi untuk mengurai kerumunan warga.

"Satu diantaranya dengan membagikan formulir kepada peserta vaksinasi lebih awal dan dari formulir yang ada kita sudah berikan nomor antrian, jadi untuk hadir sesuai dengan nomor antriannya", ujar Abang.

Abg menuturkan, khusus untuk hari ini dengan melihat sarana dan prasarana yang sangat mendukung sehingga ruang kelas kampus ini juga digunakan untuk ruang antrian vaksinasi.

"Karena warga dan mahasiswa di sini banyak yang menggunakan vaksin Sinovac saat vaksinasi pertama, maka pada vaksinasi kedua ini kita juga berikan vaksin Sinovac", paparnya.

Abg menyampaikan, selain di STAKN, hari ini juga secara bersama pihaknya melakukan vaksinasi di SMPN 1 Sungai Raya, SMPN 4 Sungai Raya dan di kecamtan Sungai Kakap.

"Untuk pelaksanaan vaksinasi di wilayah pesisir, kita juga melibatkan Puskesmas yang ada di daerah itu sesuai dengan jadwal yang kita Susun", ujarnya.

Sementara itu Ketua STAKN Sunarso mengatakan, pihaknya memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi dalam proses administrasi sehingga pelaksanaannya bisa tertib dan lancar serta tidak terjadi kerumunan.

"Yang mana kita telah membuka pendaftaran melalui sistem online dan warga yang datang inipun merupakan warga yang telah mendaftar, sehingga bisa tertib", kata Sunarso.

Dia menambahkan, pihaknya juga melibatkan partisipasi mahasiswa dengan menyiapkan kursi dan meja sehingga peserta vaksin bisa mengantri dengan tertib.

"Selain itu kita juga di support vaksinator dan konsumsi dari Polda Kalbar dan kita juga menyiapkan fasilitas jaringan internet untuk mempermudah mendatanya", tuturnya.

Sunarso menuturkan, untuk vaksinasi hari ini, hanya 10 persen mahasiswa dari 400 dosis yang disiapkan, karena kebanyakan mahasiswa ini sudah mendapatkan vaksinasi yang digelar di tempat lainnya.

"Awalnya vakinasi ini kita peruntukan untuk mahasiswa yang masih tinggal di kampus, namun karena ada yang sudah melakukan vaksinasi, makanya kita gabunhkan dengan masyarakat yang berada di dua desa", tutup Sunarso. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00