5 Cara Atasi Susah Bangun Tidur

KBRN, Pontianak : Ada beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan untuk mengatasi kebiasaan susah bangun tidur, di antaranya:

 1. Kenali jam tidur tubuh

 Jadwal tidur yang kacau dan tidak konsisten menjadi salah satu penyebab susah bangun tidur di pagi hari. Oleh karena itu, Anda bisa mengatasinya dengan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap harinya dan bahkan saat akhir pekan. Selain itu, usahakan durasi tidur Anda sekitar 7–8 jam.

2. Hindari pemakaian gadget menjelang tidur

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan gadget sebelum tidur bisa membuat mata semakin terjaga. Hal ini karena cahaya dari lampu gadget dapat menghambat produksi melatonin, yaitu hormon yang mengatur waktu tidur.

Tak hanya itu, efek menggunakan gadget sebelum tidur juga bisa menyebabkan Anda susah bangun pada pagi hari meski sudah tidur selama 8 jam.

Oleh karena itu, batasi penggunaan gadget setidaknya satu jam menjelang tidur. Selain itu, ciptakan suasana yang nyaman dan tenang di kamar tidur agar tidur semakin nyenyak dan berkualitas.

3. Letakkan alarm tidak terlalu dekat dari jangkauan

Atur alarm agar Anda terbangun di menit-menit akhir dan tidak tergoda untuk tidur kembali. Anda disarankan untuk meletakkan alarm tidak terlalu dekat dari jangkauan. Alasannya adalah agar Anda mau bangun dan beranjak dari tempat tidur untuk mematikan alarm.

Namun, bila Anda masih susah bangun tidur meski sudah menggunakan alarm, mintalah bantuan keluarga, pasangan, atau orang terdekat untuk membuat Anda benar-benar terbangun.

4. Lakukan olahraga secara rutin

Rutin berolahraga diketahui dapat meningkatkan kualitas tidur, sehingga Anda pun tidak susah bangun tidur. Pilih beberapa jenis olahraga, seperti joging, renang, atau jalan santai.

Anda juga boleh melakukan olahraga pada malam hari. Namun, berikan jarak minimal 2 jam antara waktu olahraga dan jam tidur malam..

5. Periksakan kondisi kesehatan

Gangguan tidur atau masalah kesehatan lain seperti alergi atau depresi, bisa menyebabkan kualitas tidur terganggu. Kualitas tidur yang kurang baik dapat menyebabkan Anda susah bangun tidur.

Kondisi ini sebaiknya tidak Anda biarkan berlarut-larut. Konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.

Selain beberapa cara di atas, Anda pun perlu konsisten dalam mengubah kebiasaan susah bangun tidur. Anda bisa memotivasi diri dengan melakukan sesuatu yang lebih produktif pada pagi harinya, misalnya berolahraga atau membersihkan rumah.

Bila kebiasaan susah bangun tidur disertai dengan gejala lain, seperti sakit kepala, lemas, atau tubuh tidak bertenaga sama sekali, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

Dikutip dari alodokter.com Ditinjau oleh : dr. Sienny Agustin

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00