FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Cakupan Vaksinasi di Kota Pontianak Diatas 30 Persen

KBRN, Pontianak : Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyebut hingga kini cakupan vaksinasi di Kota Pontianak sudah lebih dari 30 persen atau setara dengan 140 ribu orang dari 650 ribu jiwa penduduk. Oleh karena itu, Edi memastikan vaksinasi akan terus diperluas sehingga bisa mempercepat herd immunity. 

"Saat ini kami sedang berupaya mempercepat pengadaan vaksin karena sekarang stok vaksin juga kian menipis," katanya, Sabtu (31/7/2021).

Diakuinya stok vaksin di Kota Pontianak sangat bergantung pada pemerintah pusat, pasalnya daerah hanya melaksanakan kegiatan vaksinasi. Artinya jika stok vaksin sudah masuk dan diserahkan kepada Pemerintah Kota Pontianak, maka vaksin akan langsung distribusikan.

"Pasokan vaksin itu tergantung dari Pemerintah pusat dan kami sudah mengajukan kepada Kemenkes,"ujarnya.

Saat ini kota Pontianak telah keluar dari zona merah risiko penularan COVID-19. Untuk itu Edi menyatakan pihaknya akan terus berupaya menurunkan zona risiko tersebut hingga pada zona hijau. 

"Kuncinya adalah kebersamaan. Dalam penanganan COVID-19 ini kita tidak bisa saling menyalahkan tetapi kebersamaan. Saling tolong menolong meningkatkan empati. Tentu pemerintah sudah berupaya mulai dari tingkat pusat, provinsi maupun kota untuk mengendalikan COVID-19. Tetapi tanpa dukungan masyarakat, tentu sulit untuk berhasil. Terutama protokol kesehatan," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00