Apa Itu Rapid Test Antigen?

KBRN, Pontianak : Apa itu rapid test antigen?   Sebelum Pandemi Covid-19, rapid test antigen mungkin belum begitu kita kenal, namun dua tahun belakangan ini, proses medis untuk menentukan keberadaan antigen tertentu dalam tubuh itu sangat familiar. 

Bagi Anda yang belum pernah menjalani rapid test antigen tidak perlu takut. Berikut ini penjelasan tentang rapid test antigen yang dikutip dari situs Alodokter.com 

Rapid test antigen adalah pemeriksaan secara cepat untuk mendeteksi keberadaan antigen tertentu di dalam tubuh seseorang. Rapid test antigen umumnya hanya dilakukan untuk pemeriksaan penyaring (skrining), dan sampel yang digunakan tergantung pada penyakit yang ingin dideteksi.

Antigen adalah zat asing yang dapat memicu sistem kekebalan tubuh untuk membentuk reaksi perlawanan berupa antibodi. Tes rapid antigen bertujuan untuk mendeteksi antigen tersebut, yaitu dengan memeriksa sampel darah atau lendir tenggorokan pasien.

Antigen biasanya berasal dari luar tubuh (heteroantigen), misalnya dari bakteri atau virus. Keberadaan antigen dari bakteri atau virus tertentu di dalam tubuh menandakan adanya infeksi.

Tes rapid antigen umumnya dilakukan pada pasien yang diduga menderita penyakit berikut ini:

Covid-19

Influenza

Malaria

Infeksi bakteri

Streptococcus

Hepatitis B

Demam berdarah dengue (DBD)

Di masa pandemi Covid-19, rapid test antigen juga dilakukan pada orang yang tidak mengalami gejala apa pun, tetapi memiliki faktor-faktor berikut:

Melakukan kontak dekat dengan seseorang yang diduga menderita Covid-19. 

Berencana menjalani pengobatan atau perawatan di rumah sakit.

Bekerja di area yang tidak memungkinkan protokol kesehatan secara optimal.

Bekerja di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya.  

Sebagai informasi tambahan, rapid test antigen saat ini sudah diberlakukan sebagai syarat perjalanan jarak jauh, selain syarat bukti telah divaksin minimal tahap pertama dan surat izin dari aparat pemerintah. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00