Manfaat Mengkudu, Cocok untuk Hipertensi sampai Sakit Perut

KBRN, Pontianak :Mengkudu adalah satu diantara tanaman jenis buah yang tumbuh subur di Indonesia. Berikut kita akan bahas manfaat Mengkudu yang bisa kita tanam di halaman rumah kita sendiri. 

7. Mengkudu. 

Mengkudu memiliki nama latin Morinda Citrifolia, manfaatnya anta lain bisa mengobati hipotensif, antelmintik dan emenagoga. Adapun bagian yang bisa dijadikan obat tradisional adalah, buah, akar dan daunnya. 

Bagi Anda yang memiliki gangguan Amandel, cara yang satu ini bisa dicoba. Ambil mengkudu 1 buah kemudian parut. Siapkan air matang 100 ml, diseduh lalu beningannya ditambah madu satu sendok teh, untuk berkumur. Ramuan ini tidak berbahaya bila tertelan.  

Tidak hanya itu, Mengkudu juga bisa membatu mengobati sariawan. Caranya, ambil satu buah Mengkudu, kemudian siapkan pisang batu 2 buah dan air 110 ml. Campurkan bahan-bahan tersebut diseduh, diminum 1 kali sehari  100 ml. 

Sementara untuk Anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau Hipertensi, siapkan 2 buah Mengkudu yang telah masak dan 1 sendok makan madu asli.  Cara Membuatnya, buah mengkudu diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu sampai merata dan disaring.Cara menggunakan diminum dan diulangi 2 hari sekali. 

Sedangkan untuk masuk influenza, angin dan demam , Mengkudu jika dicampur dengan 1 rimpang kencur dapat menjadi alternatif pengobatan tradisional. Caranya, kedua bahan tersebut direbus dengan duagelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring.Cara menggunakan  diminum 2 kali 1 hari, pagi dan sore.

Selain gangguan kesehatan diatas, Mengkudu juga dapat mengobati sakit perut dengan memanfaatkan daunnya. Cara membuatnya, 2 sampai 4 daun Mengkudu ditumbuk hingga halus, ditambah garam dan diseduh air panas.Cara menggunakan setelah dingin disaring dandiminum.

Artikel ini dikutip dari 'Buku Saku Tanaman Obat'. Diterbitkan Puslitbang Perkebunan Balitbang Pertanian, Kementerian Pertanian RI.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00