Manfaat Sirih, Obati Penyakit Alergi sampai Keputihan

KBRN, Pontianak : Bagi kaum wanita perawatan organ intim adalah satu diantara keharusan. Jenis tanaman lokal satu ini sangat bermanfaat untuk mengobati masalah yang melanda sebagian besar kaum hawa, yaitu keputihan. 

6. Sirih. 

Nama latin Sirih adalah Piper Betle. Sirih sangat mudah tumbuh dan ditanam di pekarangan rumah. 

Bagi Anda yang memiliki masalah keputihan, bisa mencoba cara tradisional ini untuk menyembuhkannya. 

Siapkan daun Sirih 7 sampai 10 helai,  direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Kemudian air rebusan daun Sirih tersebut dalam keadaan masih hangat, dipakai untuk membasuh ataumembersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.

Sirih juga memiliki kegunaan lain, masih seputar penyakit kelamin, sirih ternyata bisa dicoba untuk mengobati penyakit sifilis. Caranya, siapkan daun Sirih  25 sampai 30 lembar  bersama tangkainya. Kemudian 0,25 kg gula aren dan garam dapur secukupnya.

Cara membuatnya, semua bahan tersebut direbus bersama dengan 2 liter air sampai mendidih, kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum 3 kali 1 hari secara terus menerus.

Tidak hanya penyakit tersebut, Sirih juga biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati sakit gigi, alergi kulit, diare, bau mulut, bau badan dan lainnya. 

Artikel ini dikutip dari 'Buku Saku Tanaman Obat'. Diterbitkan Puslitbang Perkebunan Balitbang Pertanian, Kementerian Pertanian RI.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00