Wakil Ketua Dewan Kalbar Apresiasi Program Oksigen Gratis

KBRN, Pontianak: Kebijakan teranyar Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji yang memfasilitasi isi ulang oksigen gratis kepada warga yang menjalani isolasi mandiri, mendapat apresiasi dari berbagai kalangan.

Wakil Ketua DPRD Kalimantan Barat Syarif Amin Muhammad menilai hal itu merupakan langkah terobosan yang sangat membantu warga yang tertular Covid-19 dan tengah menjalani isolasi di rumah, terlebih mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu.

"Dalam kondisi seperti ini, masyarakat sangat membutuhkan terobosan," ungkap Amin, Minggu (25/7/2021) sore.

Ia pun mengapresiasi langkah cepat Sutarmidji yang membeli oksigen dari negara Malaysia, untuk mengatasi kelangkaan dan memenuhi kebutuhan bagi warga serta rumah sakit. 

"Kita sebagai anggota dewan mendukung langkah-langkah berikutnya, bukan hanya di oksigen, mungkin rumah sakit yang tidak muat (lagi menampung pasien) dengan pengadaan tenda-tenda di setiap rumah sakit dalam rangka bisa menampung (pasien-pasien) Covid," tambah Amin.

Amin pun mengharapkan jika bupati dan wali kota di Kalimantan Barat dapat melakukan hal serupa, tentunya jika memang memungkinkan dan memiliki anggaran.

Menyikapi hal itu, lanjut Amin, DPRD Kalimantan Barat akan mengadakan rapat kerja dengan mengundang instansi terkait untuk membicarakannya, sehingga kedepan kejadian serupa tidak lagi terulang. "Ini juga menjadi PR bagi kita semuanya," kata legislator Partai Nasdem ini.

Menurutnya dalam kondisi normal tak akan terjadi kelangkaan oksigen, namun karena banyaknya warga yang terkonfirmasi positif virus corona, lalu menjalani isolasi mandiri di rumah, maka permintaan oksigen pun meningkat. 

"Dengan (kejadian) ini, mungkin kita kedepannya di APBD Perubahan ini ada alokasi khusus mengantisipasi permasalahan-permasalahan seperti yang kita rasakan, kekurangan dan kelangkaan tabung oksigen tersebut," terang Amin.

Untuk memfasilitasi pengisian ulang oksigen gratis, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat memberikan voucher untuk pengisian tabung oksigen.

Layanan isi oksigen gratis berada di dua tempat di Kota Pontianak, yakni di PT. Baja Sarana di Jl. Antasari, dan Kantor PT. Putra Kalbar milik Syarif Mahmud Alkadrie di Jl. Veteran. 

Waktu pelayanan voucher mulai pukul 08.00 WIB dengan membawa fotokopi KTP, hasil Swab PCR/antigen dan No HP.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00