1.143 Calon Jemaah Haji Kalbar Berangkat ke Madinah 16 Juni 2022

KBRN, Pontianak : Pemerintah Provinsi Kalbar terus mematangkan persiapan keberangkatan calon jemaah haji (CJH) Kalbar tahun 2022. Jika tak ada halangan, kelompok terbang (kloter) pertama calon jamaah haji Kalbar akan diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi pada 16 Juni 2022.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalbar, Harisson mengatakan, calon jemaah haji dari Provinsi Kalbar tahun ini berjumah 1.143 orang. Kemudian ditambah enam orang Petugas Haji Daerah (PHD) dan satu orang petugas Kelompok Bimbingan Haji dan Umrah (KBIHU).

"Pemberangkatan calon jamaah haji Kalbar mulai 16 Juni dari Bandara Hang Nadim Batam ke Madinah," ucap Harisson pada Kamis (26/5/2022).

Dia menerangkan, kelompok terbang (kloter) pertama calon jamaah haji Kalbar sudah harus berkumpul di Kota Pontianak pada 14 Juni 2022. Kemudian kloter pertama tersebut akan diberangkatkan ke Batam pada 15 Juni 2022. Untuk selanjutnya pada 16 Juni 2022 akan diberangkatkan ke Madinah, Arab Saudi.

"Kloter pertama yang datang ke Kota Pontianak pada 14 Juni 2022 yakni dari Kabupaten Ketapang, Kayong Utara, Sanggau, Melawi, Sintang, Kapuas Hulu, Landak dan Bengkayang. Untuk 15 Juni 2022, kita inapkan di Kota Pontianak kloter kedua yakni Kabupaten Sambas, Kubu Raya, Sekadau, Mempawah dan Kota Singkawang," jelas Harisson.

Sementara untuk calon jemaah haji asal Kota Pontianak tidak diinapkan di hotel. Para jemaah dipersilahkan menginap di rumah masing-masing. Lalu pada 17 Juni 2022, calon jemaah haji dari Kota Pontianak akan diberangkatkan ke Batam dan selanjutnya pada 18 Juni 2022 diberangkatkan ke Madinah.

"Kita sudah memilih hotel dengan memanggil beberapa hotel yang ada di Kota Pontianak yang sudah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan," jelasnya.

Harisson mengingatkan hal yang harus diperhatikan calon jemaah haji diantaranya keluarga atau pengantar tidak diperkanankan masuk ke dalam hotel. Sehingga yang diperbolehkan masuk ke hotel hanya calon jemaah haji. Hal tersebut untuk menghindari gangguan terhadap calon jemaah haji.

"Yang boleh masuk ke hotel hanya calon jemaah haji, termasuk petugas dari provinsi maupun kabupaten. Hal ini untuk menghindari gangguan, hambatan dan kekacauan di hotel tersebut," pungkasnya.

Sebelumnya, pada Rapat Persiapan Keberangkatan Calon Jemaah Haji Kalbar Tahun 2022 di Ruang Rapat Praja 2 Kantor Gubernur Kalbar, Jumat (13/5), Harisson mengatakan jika tidak ada perubahan, keberangkatan calon jemaah haji gelombang pertama direncanakan pada tanggal 16-18 Juni 2022.

"Provinsi Kalbar masuk dalam gelombang satu. Calon jemaah haji harus sudah tiba di Pontianak dan menginap pada tanggal 14-16 Juni 2022. Semua itu sudah kami bahas, termasuk membahas penerbangan, penginapan, tes PCR, vaksinasi dan lain-lain," ujarnya dalam rapat tersebut.

Untuk vaksinasi calon jemaah haji masih menunggu data valid dari Kantor Departemen Agama Kabupaten/Kota, karena masih ada calon jemaah haji yang vaksinasi pertama sudah lewat 6 bulan.

"Untuk itu yang belum divaksin akan gugur dan diganti dengan nama dalam daftar cadangan," jelasnya.

Adapun dari 1.143 calon jemaah haji asal Kalbar tahun 2022 yang akan diberangkatkan terdiri dari Kota Pontianak 279 orang, Kabupaten Sambas 143 orang, Kabupaten Sanggau 50 orang, Kabupaten Sintang 63 orang, Kabupaten Mempawah 82 orang, Kabupaten Kapuas Hulu 59 orang, dan Kabupaten Ketapang 113 orang.

Selanjutnya, Kabupaten Landak 26 orang, Kabupaten Bengkayang 29 orang, Kota Singkawang 50 orang, Kabupaten Melawi 47 orang, Kabupaten Sekadau 29 orang, Kabupaten Kayong Utara 34 orang, dan Kabupaten Kubu Raya 139 orang ditambah satu Pembimbing KBHI serta enam Petugas Haji Daerah (PHD). 

Pengurangan Kuota Kementerian Agama Kota Pontianak menyatakan bahwa sebanyak 279 calon jemaah haji asal Kota.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar