Keutamaan Tawadhu (10)

10. Hindari Sombong

Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ تَكَبَّرَ عَلَى الْفُقَرَاءِ لَعَنَهُ اللهُ وَمَنْ تَكَبَّرَ عَلَى الْعُلَمَاءِ اَخْزَاهُ اللهُ

“Barangsiapa sombong kepada para orang fakir maka Allah melaknatinya, barangsiapa sombong kepada para ulama, maka Allah merendahkannya”. (Dalam Kitab Lubabul Hadits)

Subhanallah... Astaghfirullah...

Kita hindari sejauh-jauhnya memiliki sifat sombong kepada siapapun. Bagaimanapun juga sifat sombong adalah sifat yang tercela. Allah Subhanahu Wataalla telah melarang hal ini :

وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْأَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولًا

"Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung." (QS. Al-Isrā : 37)

Subhanallah...

Terlebih sombong kepada orang fakir atau miskin. Sungguh Allah melaknat kepada siapa saja yang sombong kepada orang fakir atau miskin. Oleh karena itu, kita hindari melecehkan, menghina dan merendahkan orang-orang fakir dan miskin.

Kita berusaha untuk mencintai orang fakir dan miskin dengan cara menyantuni atau berbagi apa saja yang kita mampu untuk meringankan beban mereka. Sungguh mencintai mereka merupakan hal yang dapat mendekatkan kita kepada Allah Subhanahu Wataalla dan merupakan kunci surga.

 يَاعَائِشَةُ أَحِبِّي الْمَسَاكِينَ وَقَرِّبِيهِمْ فَإِنَّ اللَّهَ يُقَرِّبُكِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

"Wahai A'isyah cintailah orang-orang miskin dan dekatilah mereka karena Allah akan mendekatkan padamu pada hari kiamat." (HR. Tirmidzi : 2275)

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {لِكُلِّ شَيْءٍ مِفْتَاحٌ وَمِفْتَاحُ الجَنَّةِ حُبُّ المَسَاكِينِ وَالفُقَرَاءِ لِصَبْرِهِمْ هُمْ جُلَسَاءُ الله تَعَالى يَوْمَ القِيَامَةِ

Nabi shalallahu alaihi wa sallam bersabda : “Setiap sesuatu itu mempunyai kunci. Kunci surga adalah cinta kepada orang-orang miskin dan fakir karena kesabaran mereka dan merekalah orang-orang yang adil menurut Allah Ta’ala di hari kiamat.” (Kitab Lubabul Hadits)

Kita juga hindari sombong kepada para ulama. Siapa yang sombong kepada mereka, maka sungguh Allah akan merendahkannya. Subhanallah..

Semoga kita dijauhkan dari sifat sombong dan diberi hati yang mencintai sesama terlebih kepada orang-orang yang _fakir_ dan miskin serta mencintai para ulama. Aamiin

Yaa Allah.. Ampuni kami...

Terimalah amal baik kami..Dan bimbing kami semua kejalan yang lurus. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin

Semoga bermanfaat

TIM REDAKSI. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar