Keutamaan Tawadhu (6)

6. Senantiasa Mengawali Uluk Salam

 Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam bersabda :

رَأْسُ التَّوَاضُعِ اَنْ يَبْتَدِئَ بِالسَّلَامِ عَلَى مَنْ لَقِيَهُ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ فِي الْمَجَالِسِ

“Pokok dari sifat tawadhu adalah mengawali dengan ucapan salam kepada orang dari golongan muslimin yang ditemuinya di dalam sebuah majlis”. (Dalam Kitab Lubabul Hadits)

Kita sebagai muslim dianjurkan untuk memiliki sifat tawadhu dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, jika kita bertemu dengan sesama muslim, kita belajar untuk senantiasa saling mengucapkan uluk salam. Sebab siapa yang dimampukan mengawali uluk salam, maka menjadi cerminan sifat ketawadhu'an lebih dekat kepada Allah Subhanahu Wataalla. 

Kita belajar terus memiliki sifat tawadhu, baik kepada Allah, Nabi, Ulama, guru, dan sesama muslim.

وَعِبَادُ الرَّحْمَٰنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا

"Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan salam" (QS. Al-Furqān : 63)

Tidak hanya ketika bertemu saja, namun kita juga berusaha memulai uluk salam ketika memulai komunikasi di telepon dengan sesama muslim.

Disamping uluk salam, (ketika kondisi normal) kita berusaha untuk berjabat tangan dan memuji Allah Subhanahu Wataalla ketika bertemu orang muslim, baik yang kita kenal maupun tidak. Sungguh, siapapun yang dimampukan ini atas dasar karena Allah, maka Allah akan menghapus seluruh kesalahannya.

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَيُّمَا مُسْلِمَيْنِ الْتَقَيَا فَأَخَذَ أَحَدُهُمَا بِيَدِ صَاحِبِهِ ثُمَّ حَمِدَ اللَّهَ تَفَرَّقَا لَيْسَ بَيْنَهُمَا خَطِيئَةٌ

Rasulullah ﷺ bersabda : "Apabila dua orang muslim berjumpa, siapapun orangnya, kemudian salah satunya menjabat tangan saudaranya lalu memuji Allah, maka tidak ada lagi dosa di antara keduanya saat mereka berpisah." (HR. Ahmad : 17854)

Alhamdulillah...

Semoga Allah Subhanahu Wataalla senantiasa memberi kita hidayah, dicintakan untuk saling mendo'akan, sehingga memiliki sifat tawadhu dan dijauhkan dari sifat sombong.

Yaa Allah.. Ampuni kami..

Terimalah amal baik kami..Dan bimbing kami semua kejalan yang lurus. Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin

Semoga bermanfaat

TIM REDAKSI. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar