Keutamaan Taubat (6)

6. Menghancurkan Kesalahan. 

Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda :

التَّوْبَةُ تَهْدَمُ الْحَوْبَةَ

Artinya: “Taubat itu bisa menghancurkan kesalahan”. (Dalam Kitab Lubabul Hadits)

Subhanallah..

Alhamdulillah..

Kita terus berusaha merobohkan atau menghancurkan segala kesalahan kita dengan cara bertaubat, beristighfar mohon ampunan-Nya.

Di samping penyesalan, berusaha tidak mengulangi kesalahannya, kita juga berusaha mencari waktu-waktu yang menjadi sebab diterimanya taubat kita. Diantaranya adalah taubat sebelum terbitnya matahari. Hal ini sebagaimana yang telah Rasulullah sampaikan :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ مَنْ تَابَ قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا تَابَ اللَّهُ عَلَيْهِ

Artinya: Dari Abu Hurairah, dia berkata : "Barangsiapa bertaubat sebelum matahari terbit dari tempat terbenamnya, maka Allah akan menerima taubatnya." (HR. Ahmad : 10176)

Alhamdulillah..

Sungguh.. 

Allah akan sangat bahagia dan gembira jika kita mau bertaubat dari segala kesalahan yang kita lakukan. Oleh karena itu, mari kita bertaubat agar Allah pun bahagia.

Rasulullah ﷺ bersabda : "Bagaimana pendapat kalian tentang kegembiraan seseorang yang kehilangan hewan tunggangannya ketika dia membawanya ke sebuah padang pasir yang tandus, tidak ada air minun dan tidak ada pula makanan, padahal di atas unta tersebut ada air minum dan makanan. Kemudian ia pun mencarinya hingga sangat kepayahan. Tatkala ia melewati sebatang pohon, dia menemukan hewan tersebut terikat di sana?" Maka kami mengatakan : Tentu orang itu sangat gembira sekali yaa Rasulullah. Maka Rasulullah ﷺ bersabda : "Sungguh Allah lebih gembira dengan taubat hamba-Nya daripada seseorang yang menemukan hewan tunggangannya kembali." (HR. Muslim : 4931)

Semoga kita semua merupakan hamba yang dicintai oleh Allah Subhanahu Wataalla dan kelak bertemu dengan para Nabi, syuhada, pejuang dan orang sholeh dalam surga-Nya. Aamiin

Yaa Allah.. Ampuni kami..

Terimalah amal baik kami..

Dan bimbing kami semua kejalan yang lurus.

Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin

Semoga bermanfaat

Oleh : Tim Redaksi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00