Keutamaan Taubat (5)

5. Obat Kesalahan.

Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam bersabda :

لِكُلِّ شَيْءٍ دَوَاءٌ وَدَوَاءُ الذُّنُوْبِ التَّوْبَةُ

Yang artinya: “Setiap sesuatu memiliki obat, dan obat dari dosa-dosa adalah taubat”. (Dalam Kitab Lubabul Hadits)

Subhanallah..

Alhamdulillah..

Kita yakini bahwa setiap sesuatu memiliki obatnya, dan obat dari segala kesalahan atau dosa adalah dengan bertaubat. Sehingga kita belajar untuk bertaubat setiap harinya agar dosa yang telah kita lakukan, dihapus atau diampuni oleh Allah Subhanahu Wataalla. 

Kita sadari bahwa jika ada penyakit di badan kita, pastilah kita akan berusaha ikhtiar untuk mengobatinya. Begitupun jika kita melakukan kesalahan atau dosa. Kita juga sadari kesalahan atau dosa juga merupakan penyakit, yakni penyakit hati yang harus kita obati. Dan obat dari salah dan dosa adalah dengan bertaubat dan menyesali perbuatannya dan berusaha untuk tidak mengulanginya.

Kita bersyukur kepada Allah Subhanahu Wataalla yang telah memberi obat dari segala sesuatu. Diantaranya adalah obat kesalahan dan dosa dengan pertaubatan. 

Sungguh.. 

Allah Dzat yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. 

Dengan adanya obat dosa ini, semoga kita senantiasa diampuni segala kesalahannya. Sebab kita sebagai manusia pasti tidak lepas dari yang salah dan dosa.

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

Dari Anas Nabi ﷺ bersabda : "Semua anak cucu Adam banyak salah dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah mereka yang bertaubat." (HR. Tirmidzi : 2423)

Yaa Allah..

Ampuni kami..

Terimalah amal baik kami..

Dan bimbing kami semua kejalan yang lurus. 

Aamiin Yaa Rabbal 'Aalamiin

Semoga bermanfaat

Oleh : Tim Redaksi

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00