Dirikan Posko di Bandara Supadio, Kejati Kalbar Optimalkan Pelayanan Hukum ke Masyarakat

KBRN, Kubu Raya : Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalimantan Barat (Kalbar) saat ini sudah membuka Posko perwakilan di Bandara Internasional Supadio Pontianak di Kabupaten Kubu Raya sebagai upaya meningkatkan pelayanan hukum ke Masyarakat. 

Peresmian dan penyerahan pos Kejaksaan itu ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Kejati Kalbar Jaya Kesuma. M. Hum. di ruang kedatangan Bandara Internasional Supadio Pontianak, Selasa (20/10/2020).

Kepala Kejati Kalbar Jaya Kusuma mengatakan, Posko ini merupakan fasilitas bagi pihaknya dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat, baik dalam penegakan hukum maupun pelayanan lainnya. 

"Karena di bandara Supadio ini merupakan pintu gerbang masuknya orang ke provinsi Kalbar). Tentunya banyak petugas di sini, ada keimigrasian, bea cukai, dan kesehatan bendara. Jadi jika ada pihak yang ingin berkonsultasi dalam upaya penegakan hukum, kami siapkan di sini", kata Kepala Kejati Kalbar Jaya Kesuma usai meresmikan Posko Kejaksaan di Bandara Internasional Supadio, Selasa (20/10/2020).

Jaya menambahkan, setiap harinya di bandara Supadio ini akan di tempatkan satu orang jaksa dan didukung oleh tenaga-tenaga pendukung lainnya. Artinya, Posko ini kita jadikan Kejaksaan yang ada di bandara. Jika ada masyarakat yang ingin menyampaikan pengaduan, laporan, maupun konsultasi hukum kami siapkan di sini. 

"Kedepannya, di sini akan kami adakan 'Si Kumbangdala' (Sistem konsultasi hukum). Artinya ini merupakan falitas pelayanan publik kita. Baik ke masyarakat maupun fasilitas konsultasi penegakan hukum sesama penegak hukum, baik itu pihak penegak hukum imigrasi, bea cukai Polri berkonsultasi dengan jaksa di sini sebagai upaya mempercepat proses penegakan hukum", jelasnya. 

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengatakan, Posko di bandara ini merupakan suatu terobosan yang luar biasa dari Kejaksaan dan ini bagaikan jangkar bagi Kejaksaan yang ada di sini. 

"orang kalau mau datang dan berangkat, mungkin dia ada persoalan maupun ingin berkonsultasi masalah hukum bisa dilakukan di sini. Sehingga bisa di selesaikan dengan cepat dari berbagai hal yang terjadi", kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan. 

Bupati menilai, di era yang serba cepat sekarang ini tentunya diperlukan sistem yang terintegrasi dalam menangani setiap masalah dan semua itu perlu lebih dilengkapi lagi. 

"Yang pasti bagi Kubu Raya yang saat ini belum memiliki Kejaksaan Negeri, tentunya posko ini bisa menjadi tempat konsultasi pendampingan atau hal-hal lainnya itu bisa dikomunikasikan. Hal ini akan meringankan bagi Kejari Mempawah. Intinya posko ini merupakan terobosan pelayanan untuk lebih mendekatkan dan mendaratkan langsung ke masyarkat ", ucapnya. 

Peresmian Posko perwakilan pada Bandara Internasional Supadio Pontianak di Kubu Raya.

Peresmian posko perwakilan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat ini juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Mempawah Antoni Setiawan, SH. MH, Wakajati Kalbar, Sapta Subrata, Danlanud Supadio Marsma TNI Palito Sitorus, S. IP, M.M, executive GENERAL Manager (EGM) Bandara Supadio, Eri Braliantoro, Ketua DPRD Kubu Raya Agus Sudarmansyah, S.I.Pem dan Waka Polres Kubu Raya Kompol Amin Siddiq. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00