Pejabat Bagian Kredit Bank Kalbar Cabang Flamboyan Jadi Tahanan Kejari Pontianak

KBRN, Pontianak : Seorqng Pejabat di bagiqn kredit Bank Kalbar Cabang Flamboyan berinsial F, usai diperiksa di Kejari Pontianak langsung di tahan dengan status sebagai tersangka.

F diduga melakukan tindak pidana korupsi berkaitan dengan kredit pengadaan barang/jasa pekerjaan pengadaan bangunan kesehatan (rumah sakit) Pratama kecamatan serawai tahun anggaran 2017 pada PT Bank Kalbar.

“Kasus ini kita sidik sejak bulan Februari 2021 lalu,” jelas Kajari Pontianak, Wahyudi yang didampingi Kasipidsus dan Kasi Intelijennya, Kamis (18/08/2022).

Menurut Kajari Pontianak Wajyudi, kasus ini berawal dari debitur dalam hal ini perusahaan melakukan kredit kepada Bank Kalbar cabang Flamboyan untuk mengerjakan pembangunan Rumah Sakit Serawai di Kabupaten Sintang. 

“F selaku Kasi Kredit seharusnya melakukan pemotongan setiap termin, namun tidak dilakukan oleh F, sehingga loss ke debitur,” ungkap Kajari.

Apa yang dilakukan tersangka F ini, lanjut Kajari, membuat Bank Kalbar cabang Flamboyan mengalami kerugian Rp5,590.000.000. 

“Penyidikan berawal dari laporan yang masuk kepada kita,” terang Kajari.

Dikatakannya, yang diuntungkan dalam hal ini adalah rekanan atau debitur. “Kemungkinan ada tersangka lain dalam kasus ini, karena korupsi tidak bisa berdiri sendiri. Tentu kita lakukan pendalaman penyidikan,” kata Wahyudi.

Wahyudi menambahkan, tersangka F langsung dilakukan penahanan di Rutan Kelas II A Pontianak selama 20 hari depan. 

“Kita jerat dengan pasal 2 dan atau 3 pasal 3 UU Tipikor,” tutup Kajari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar