Garda Terdepan Penyelesaian Permasalahan di Masyarakat, Pokdar Kamtibmas Tingkatkan Peran

KBRN, Pontianak : Kelompok Sadar (Pokdar) Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) Melawi diharapkan menjadi garda terdepan dalam menghadapi sejumlah persoalan di tengah masyarakat. Mengingat tak seluruh gangguan kamtibmas harus diselesaikan oleh kepolisian.

Hal ini ditegaskan Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurhajanto dalam silaturahmi yang digelar di Gedung MABT, Minggu (3/7/2022).

"Pokdar Kamtibmas merupakan garda terdepan dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat, yang juga memiliki pengaruh yang lebih besar diimbangi dengan peran Polisi guna hadir ditengah masyarakat, sehingga melebur menjadi satu kesatuan menangani permasalahan, " ujarnya.

Sigit menyampaikan, tidak semua permasalahan yang timbul di masyarakat harus diselesaikan kepolisian, namun bisa diselesaikan dilingkungan masyarakat itu sendiri melalui pendekatan-pendekatan dengan upaya sosial, kultural dan kekeluargaan, salah satunya melalui peran Pokdar Kamtibmas.

'Pokdar Kamtibmas dapat melakukan kegiatan penyuluhan dan pencegahan gangguan Kamtibmas dengan batasan-batasan tertentu serta berkolaborasi memberikan sosialisasi dan mengedukasi agar terwujudnya Kamtibmas yang kondusif khususnya di Melawi, " harapnya.

Ditempat yang sama, Ketua Pokdar Kamtibmas Melawi, Taufik, menyampaikan dengan adanya silaturahmi ini, Pokdar Kamtibmas Melawi bisa lebih semakin dekat, dan sinergi dengan Polri sesuai dengan visi dan misi Pokdar Kamtibmas mitra Polri dan bisa membantu tugas Polri menjaga Kamtibmas di wilayah Polres Melawi

Taufik menerangkan, Pengurus Pokdar Kamtibmas di Melawi ada sekitar 38 orang yang tergabung dari berbagai elemen masyarakat.

"Saya berharap seluruh Pengurus Pokdar Kamtibmas Melawi untuk mendukung dan menjadi kekuatan kerjasama masyarakat dengan Polisi, terutama dalam memberikan dukungan untuk menciptakan dan menjaga Kamtibmas di Kabupaten Melawi, " pesannya.

Taufik Mrmaparkan, adapun program kerja khusus Pokdar Kamtibmas Melawi diantaranya, melaksanakan rapat koordinasi lintas budaya, etnis dan paguyuban secara berkala.

Lalu, melaksanakan pembinaan penyuluhan pada anggota Pokdar Kamtibmas dan masyarakat dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa. Kemudian membantu menyelesaikan permasalahan Kamtibmas yang timbul di Kabupaten Melawi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar