Polisi Sita Aset Pelaku Narkoba WB Lapas Kelas 2 A Singkawang Senilai 2 Miliar Rupiah

KBRN, Pontianak : Direktorat  reserse  narkoba Polda Kalbar melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang terhadap tersangka kasus narkoba dan berhasil menyita lebih dari 2 Milyar rupiah aset tersangka kasus  tindak pidana pencucian uang dari hasil peredaran  narkoba

Aset senilai 2 Milyar rupiah  ini berhasil disita dari dua orang tersangka, masing-masing RD alias DK yang merupakan  warga binaan Lapas Kelas 2 A Singkawang  dan AH warga Kota Singkawang.

Direktur Reserse Narkoba Polda Kalbar Kombes Pol Yohanes Hernowo menyampaikan, dari tersangka RD alias DK, pihaknya menyita 3 unit rumah atas nama tersangka yang  berada di Kecamatan  Tebas, Kabupaten  Sambas, dan uang  dalam rekening tabungan berjumlah 165 juta rupiah,  dengan tafsiran seluruh  asetnya mencapai 680 juta rupiah.

“Kronologis ditetapkannya AH yang merupakan warga binaan berdasarkan pengungkapan  kasus pada 11 maret 2022 dengan tersangka bernama Sherlyus Bharata dengan barang bukti 41 paket sabu siap edar,” ungkap Kombes Pol Yohanes  Hernowo.

Barang yang didapat dari pengembangan papar Kombes Pol Yohanes  Hernowo berasal dari Sherlyus diakui didapat dari tersangka bernama Tesar dan terkuak pula keterlibatan  RD alias Dk yang merupakan warga binaan di Lapas Kelas 2 A Singkawang tersebut.

"Dari hasil pengungkapan RD alias DK memiliki 6 rekening atas nama orang lain, dan dari hasil penyelidikan tim mendapati transaksi keuangan yang mencurigakan tidak sesuai  dengan profil dari RD alias DK ini yang sudah lama menjalani hukuman di Lapas,'"ungkapnya.

Diduga RD alias DK ini sudah mengendalikan transaksi Narkotika  dari dalam Lapas sejak tahun 2018 lalu.

Tersangka akan dijerat dengan pasal 3 / 4 Undang - undang nomor 8 tahun 2010 tentang pencegahan dan pemberantasan  tindak pidana pencucian uang dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun dan denda 20 Milyar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar