Hingga September 2021, Ombudsman RI Kalbar Terima 127 Laporan

KBRN, Pontianak: Dalam Ekspos Kinerja Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Barat Triwulan III Tahun 2021 sejak Januari hingga September, mencatatkan sebanyak 127 laporan yang diterima dari masyarakat. Sebagian besar laporan masuk dalam kategori dugaan maladministrasi yakni perbuatan tidak patut dan penundaann berlarut. Disamping, tidak memberikan pelayanan dan penyimpangan prosedur.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Kalimantan Barat Agus Priyadi mentargetkan, laporan yang masuk ke Ombudsman Kalbar hingga akhir Desember 2021 mencapai 180 laporan. Adapun, progress laporan baik yang sudah ditutup pada Triwulan I sd III sebanyak 68 laporan dan yang masih dalam proses sebanyak 59 laporan.

“Mungkin sampe akhir tahun 180an, penyelesaian kita harapkan cepat. Hari ini, penyelesaian lebih kurang 59 persen. Kebanyakan masyarakat melapor itu sekarang menggunakan media,” ungkapnya Selasa (12/10/2021).

Terkait dengan mal administrasi perbuatan tak patut tambah Agus, jika ada laporan masyarakat atau pelayanan yang tidak segera dilakukan penindakan oleh petugas baik pemda atau pertanahan yang mana menjadi bentuk mal administrasi yang seharunya di selesaikan.

Lebih lanjut Agus mengutarakan, terdapat 24 instansi yang termasuk dalam klasifikasi instansi terlapor. Dimana, sebagian besar ada pada pemerintah daerah, diikuti kantor pertanahan, BUMN/BUMD, serta kepolisian, pengadilan negeri, kementrian, dan lembaga negara.

“Begitu juga dengan klasifikasi daerah instansi terlapor ada 24. Sebagian besar, dilaporkan adalah Kota Pontianak, Kuburaya, Sanggau, Mempawah, Bengkayang dan lainnya,” imbuhnya.

Kemudian substansi laporan, di dominasi agraria atau pertanahan, ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, perbankan, hingga peradilan. Sedangkan, tindak lanjut penanganan laporan dibagi 3 kategori berdasarkan permintaan  klarifikasi sebanyak 38 kali, investigasi lapangan sebanyak 19 laporan masyarakat, serta konsiliasi (mempertemukan pelapor dan terlapor) sebanyak 38 kali.

Ekspos Kinerja Triwulan III Ombudsman RI Perwakilan Kalbar di Aula Kantor Ombudsman RI Perwakilan Kalbar ditutup dengan melaksanakan Syukuran sederhana HUT Ke-9 Ombudsman RI Perwakilan Kalbar dengan mengusung tema “Dari Ombudsman RI Untuk Pelayanan Publik di Kalbar yang lebih baik”.  Mengundang insan media, masyarakat pelapor, serta sahabat Ombudsman RI.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00