Saleh Kurap Kabur dari Lapas Pontianak Takut Dipindah Ke Nisakambangan dan Dibantu oleh Seorang Warga Binaan  

KBRN, Pontianak : Bandar Narkoba Saleh Kurap yang kabur dari Lapas Kelas 2 A Pontianak pada 3 September 2021 dini hari akhirnya berhasil ditangkap oleh Satreskrim Polres Kubu Raya di Desa Sepok Besak, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, pada, Kamis dini hari, (30/09/2021).

Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold H. Y. Kumontoy menyampaikan, Saleh Kurap berhasil diamankan oleh petugas di rumah istri keduanya yang berada di Desa Sepok Besak Kecamatan Sungai Kakap.

“Sebenarnya di minggu kedua pelariannya, kami sudah berhasil mendeteksi keberadaan Saleh Kurap, yang dalam pelariannya, dibantu oleh seorang warga binaan lain yang bernama Uray,” jelas Jerrold.

Selama dua minggu lanjut Jerolld, saleh kurap berada di kawasan Pontianak Timur dirumah kerabantnya dan pada minggu kedua, mungkin mengetahui kami sudah mengertahui keberadaannya, ia kabur ke rumah istri keduanya di Desa Sepok Besak tersebut dan terus kami ikuti.

“Setekah yakin keberadaannya, anggota pada Kamis dini hari langsung melakukan penggerebekan dan berhasil mengamankan saleh Kurap tanpa perlawanan,” terang Jerrold.

AKBP Jerrold H. Y. Kumontoy memaparkan, dari keterangannya setelah berghasil ditangkap, Saleh Kurap mengakui telah dibantu oleh seorang warga binaan bernama Uray yang kemudian mencarikan cara bagaimana ia bisa kabur dari Lapas serta turut menyiapkan tali untuk Saleh Kurap agar ia bisa memanjat pagar Lapas Pontianak.

Dalam catatan kepolisian, Saleh Kurap pertama kali masuk kedalam jeruji besi sejak tahun 2008, dimana ia terlibat peredaran narkoba dengan barang bukti 2 ons Sabu, Kemudian di vonis 1 tahun, lalu pada tahun 2011 dengan barang bukti 15 kg ganja, ia di vonis 15 tahun dengan keringan 7 tahun, lalu pada tahun 2020 ia terlibat peredaran 8 kg sabu, dan mendoat vonis 14 tahun, dan saat ini masih ada satu kasus peredaran narkoba yang dalam proses persidangan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00